Sebelum Ramadan Ingin Renovasi Rumah Tipe 36 Anda? Ini Dia Tips yang Patut Diperhatikan

Sebelum melakukan renovasi rumah tipe 36, ada baiknya memperhatikan beberapa hal, agar dana perbaikan tepat sasaran dan hasilnya juga memuaskan.

renovasi rumah tipe 36, bulan Ramadan, renovasi rumah menyambut Ramadhan
(Foto: ddvpropertyservices)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kurang lebih satu bulan lagi umat muslim akan menghadapi bulan Ramadan. Banyak pemilik rumah akan melakukan renovasi dalam rangka menyambut momen spesial tersebut, agar huniannya tampil indah kembali.

Seiring usia pemakaian, ada kalanya bangunan rumah tipe 36 Anda akan mengalami kerusakan. Nah, mumpung bulan puasa belum tiba, kini saatnya bagi pemilik properti untuk melakukan perbaikan pada bagian hunian yang rusak.

Akan tetapi sebelum melakukan renovasi hunian Anda, ada baiknya memperhatikan beberapa hal, agar dana perbaikan tepat sasaran dan hasilnya juga memuaskan.

Baca Juga: Ingin Harga Jual Rumah Anda Melejit, Renovasi Dulu Ruang Berikut Ini

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin renovasi hunian, terutama untuk rumah tipe 36? Simak tips-nya berikut ini.

Rencanakan secara matang
Hal pertama yang perlu Hokie People lakukan sebelum renovasi adalah merencanakan anggaran perbaikan rumah secara matang. Catatlah bagian mana saja yang akan direnovasi, berikut dengan material bangunan yang diperlukan.

Misalnya saja ingin mengganti cat dinding pada bagian fasad rumah tipe 36. Hitunglah berapa kaleng cat eksterior yang diperlukan dan ongkos jasa tukang bangunan yang akan dipakai.

Pilih tenaga tukang yang akan mengerjakan renovasi
Setelah menyusun anggaran biaya, langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah memilih tenaga tukang bangunan yang akan mengerjakan renovasi hunian tipe 36.

Baca Juga: Pinjaman Dana Renovasi Rumah Melalui Online Semakin Meningkat

Disarankan untuk memilih tukang yang sudah memiliki rekomendasi kerja yang baik dan melalui seleksi yang ketat. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari kerugian baik secara materiil dan waktu, akibat dari hasil kerja yang kurang memuaskan.

Hitung dan pertimbangkan waktu renovasi
Pertimbangan waktu renovasi rumah. Hal itu disebabkan, durasi pengerjaan renovasi dapat mempengaruhi besarnya dana yang dikeluarkan.

Baca Juga: Tips Merencanakan Anggaran Pembangunan Rumah Secara Efisien

Disarankan untuk melakukan pengerjaan renovasi rumah tipe 36 ketika musim kemarau tiba. Hindari merenovasi rumah pada saat musim hujan, karena proses renovasi bisa terhenti selama beberapa hari, bahkan merusak bagian yang belum selesai direnovasi.

Pertahankan material bangunan yang masih bisa digunakan
Ketika merenovasi hunian, bukan berarti Anda harus mengganti semua material bangunan di rumah. Perbaiki saja bagian yang rusak. Sedangkan bahan bangunan yang masih bagus kondisinya, bisa Anda gunakan kembali.

Contohnya saja, jika Anda melakukan renovasi bagian kusen pintu rumah yang mulai keropos dimakan rayap, pertahankan daun pintu yang masih bisa digunakan. Dengan cara ini, Hokie People dapat menghemat dana renovasi rumah tipe 36 kesayangan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda