Sebelum Tinggal di Apartemen, Ketahui Dulu Seluk Beluknya

Anda yang berkeinginan untuk tinggal di apartemen, pilih lokasi terbaik dan fasilitas yang diberikan. Ketahui juga biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

apartemen-rumahhokie-dedy mulyadi-dok
Untuk menentukan apartemen sebagai tempat tinggal, usahakan untuk mengenal lokasinya terlebih dahulu.

RumahHokie.com (Jakarta) – Buat Anda hendak merencanakan untuk hidup mandiri dan siap pindah dari rumah orang tua, sebaiknya putuskan apakah akan tinggal sendiri atau bersama teman? Menyewa apartemen atau rumah?

Jika Anda memilih untuk tinggal bersama teman, pastikan mereka mau berbagi biaya hidup dan saling membantu dalam segala hal.

Buat pemula yang ingin tinggal di apartemen, berikut ini ulasan singkat yang wajib dicermati sebagai panduan, apa saja yang harus diketahui dan dilakukan selama tinggal di hunian jangkung.

Baca juga: Mau Punya Apartemen Gratis Setahun Satu, Begini Caranya!

Langkah awal menentukan apartemen sebagai tempat tinggal, usahakan untuk mengenal lokasinya terlebih dahulu. Hindari untuk memilih apartemen hanya karena ajakan teman. Pastikan lokasinya dekat dengan tempat kerja atau kampus Anda.

Lokasi yang dekat mampu menghemat biaya, mempermudah pencapaian dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sampai ke pusat aktivitas Anda sehari-hari (tempat kerja atau kampus).

Bandingkan biaya sewa, kualitas bangunan serta fasilitas apa saja yang ada di apartemen itu, perhitungkan juga biaya kebutuhan lainnya. Misal saja service charge, biaya bulanan listrik dan air.

Sesuaikan Budget
Tentukan pilihan yang sesuai dengan budget Anda, apakah ingin tinggal di apartemen murah, atau membayar sedikit lebih mahal demi kenyamanan?

Sebelum memastikan untuk menyewa, siapkan catatan untuk mengetahui detail kondisi apartemen tersebut. Ketahui juga kelebihan dan kekurangan unit hunian tersebut. Apakah unit apartemen itu termasuk furnitur atau dalam keadaan kosong?

Jika unit tersebut dalam keadaan kosong, pikirkan furnitur apa saja yang hendak dipilih untuk melengkapi unit apartemen itu. Usahakan memilih furnitur multifungsi.

Bila sudah mengetahui detail unit apartemen itu, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kontrak, bacalah dengan seksama dan pastikan kontrak Anda mencakup jaminan serta tanggung jawab penagihan.

Setelah membaca kontrak, tandatangani kontrak tersebut. Umumnya, pemilik apartemen sudah memiliki kontrak jadi.

Saatnya merencanakan keuangan. Perhitungkan biaya penggunaan listrik, asuransi, makanan, pakaian, dan hiburan. Pastikan gaji Anda cukup untuk menutupi biaya hidup tinggal di apartemen.

Jika Anda tinggal bersama teman, perhitungkan besar pembagian biaya berdua. Sehingga, beban biaya bulanan Anda tidak terasa berat. Atur juga pembagian pekerjaan untuk membersihkan interiornya, agar kondisi kerapihannya tetap terjaga.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda