Sediakan Hunian untuk Santri, KemenPUPR Bangun Rusun di Madiun

Selain sebagai pusat pendidikan karakter, dengan adanya Rusun yang dibangun KemenPuPR, untuk para santri ini bisa menjadi lambang kebangkitan pendidikan Islam di Indonesia.

KemenPUPR-Rusun Ponpes-RumahHokie.com-Istimewa
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Madiun) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berharap pembangunan rumah susun (Rusun) bagi para santri di pondok pesantren dapat menjadi pusat pembentukkan karakter generasi muda di masa mendatang.

“Pembangunan Rusun di pondok pesantren adalah salah satu upaya pemerintah untuk membentuk pusat-pusat pendidikan karakter bagi generasu muda khususnya para santri,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meresmikan Rusun Pondok Pesantren Al Falah
Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Hikam di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (29/05/2018).

Selain sebagai pusat pendidikan karakter, dengan adanya Rusunawa bagi para santri bisa menjadi lambang kebangkitan pendidikan Islam di Indonesia.

Baca Juga : KemenPUPR Akan Bangun 3 Rusunawa untuk ASN Kemenkumham

Dalam siaran pers yang diterima RumahHokie.com, pada tahun ini tercatat ada sekitar 45 tower Rusun di Jawa Timur yang dikhususkan bagi para santri di Ponpes.

Basuki menjelaskan, nilai kontrak untuk pembangunan Rusun ini mencapai Rp7, 073 milyar dengan waktu pelaksanaan selama 275 hari kerja.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para santri, Rusun ini telah dilengkapi berbagai perabot furnitur, seperti tempat tidur tingkat lengkap dengan kasur busa dan lemari pakaian untuk masing-masing unit.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Al Falah YPI Al Hikam Madiun KH Ibnu Abbas mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih atas bantuan Rusun santri dari KemenPUPR.

Pasalnya, bangunan tersebut sangat bermanfaat sebagai tempat tinggal para santri selama menuntut ilmu di Ponpes tersebut.

Baca Juga : KemenPUPR Ajak Masyarakat untuk Menghuni Rusunawa

“Dari total 400 santri kami, sekitar 200 orang bermukim di Ponpes ini. Apalagi banyak santri kami yang berasal dari luar kota Madiun,” katanya.

Sebagai tambahan informasi, lokasi Rusun santri yang dibangun oleh KemenPuPR tersebut berada di Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Pembangunannya dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan KemenPUPR.

Berdasarkan data spesifikasi bangunan yang ada, Rusun yang diperuntukkan bagi para santri tersebut dibangun dengan ketinggian tiga lantai. Pembangunan meliputi satu tower block dengan tipologi Pondok Pesantren.

Berdiri di atas lahan 495 meter persegi, Rusun ini memiliki jumlah unit hunian mencapai 12 bangsal. Dengan ukuran luas bangunan 14,925 meter x 37,5 meter ini, diperkirakan bangunannya dapat menampung sekitar 216 orang santri di Ponpes tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda