Sekolah Dasar Binaan Metropolitan Land Ikuti Kompetisi Robotik Dunia

SD Tunas Metropolitan akan menampilkan tiga robot yang dibentuk dengan menggunakan permainan Gigo Toys pada kompetisi Greenmech Junior R4M 2019.

(Foto: Adhitya Putra)

RumahHokie.com (Bekasi) – Sekolah Dasar (SD) Tunas Metropolitan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Metland, terpilih mengikuti kompetisi robotik dunia di Taichung, Taiwan, pada awal Agustus mendatang.

Mereka mengirimkan empat siswa didiknya untuk bersaing dengan para pelajar di Asia di dalam kompetisi bertajuk Greenmech Junior R4M 2019.

Di ajang internasional tersebut, SD Tunas Metropolitan akan menampilkan tiga robot yang dibentuk dengan menggunakan permainan Gigo Toys, dan kemudian digerakan dengan menggunakan software Mikrotik.

Baca Juga: Kenalkan Teknologi Pada Anak, Metland School Gandeng Kidzania

Nanda Widya, Dewan Pendiri Yayasan Metropolitan Peduli (YMP), berkomentar bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung keikutsertaan para siswa SD Tunas Metropolitan pada ajang Greenmech Junior R4M 2019.

Dia menilai kompetisi internasional ini terbilang positif untuk membuat kreativitas anak didik menjadi lebih berkembang.

“Saya kira itu satu hal yang sangat penting untuk masa depan mereka. Kalau sejak kecil sudah dilatih berkompetisi yang positif, akan bermanfaat saat mereka masuk ke dunia pekerjaan nanti dan kami mendukungnya,” tutur Nanda, saat ditemui RumahHokie.com, Selasa (23/07/2019) lalu.

Dia mengatakan, tidak tertutup kemungkinan suatu saat nanti Yayasan Metropolitan Peduli pun dapat bekerjasama dalam kompetisi sejenis.

Baca Juga: Teknologi Seluler 5G dan Pengaruhnya Bagi Industri Properti

“Saya kira kita bisa hubungkan ke dalam bidang properti. Misalkan saja membuat sebuah kawasan atau bangunan. Karena permainan tipe seperti ini bisa digunakan dalam arsitektur,” kata Nanda Widya yang juga menjabat sebagai Komisaris PT Metropolitan Land Tbk.

Dengan wacana seperti itu, Nanda berharap Metland ataupun yayasan-nya dapat berkontribusi dalam bentuk lain, dalam hal ini membangun kretivitas anak-anak Indonesia.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Shanti Widiawati MBA, Principal Tunas Metropolitan School, mengatakan para siswa terpilih setelah sebelumnya berhasil menempati posisi empat besar dalam kompetisi Greenmech Junior pada level nasional.

“Jadi, dari Indonesia ada empat tim yang terpilih oleh Gigo Toys untuk mengikuti kompetisi. Salah satunya kami,” jelasnya.

Baca Juga: Metropolitan Land Torehkan Laba Bersih Perusahaan Rp482 Miliar

Shanti mengatakan di dalam kompetisi ini, para siswa mendapat tantangan harus mengerjakan misi yang terbilang kompleks.

Mereka harus membuat coding untuk mengoperasikan robot yang telah dibentuk dan menjalankan sebuah misi yang ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Dilansir dari laman rumahedukasi.com, GreenMech merupakan sebuah kompetisi merancang struktur mekanika Rube Goldberg Machine, menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan lima aspek pembelajaran dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics).

Ajang yang di Indonesia diselenggarakan oleh Rumah Edukasi selaku perwakilan World GreenMech Association ini, menuntut kreativitas para pesertanya dan kerja sama tim. Setiap tim terdiri dari 2 peserta siswa SD kelas satu hingga kelas empat.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda