Selain Garam, Cairan Ramah Lingkungan Ini Ampuh Basmi Rayap

Kehadiran koloni ini merupakan ancaman bagi pemilik rumah. Agar sulit berkembang biak, berikut ini cara mudah membasminya.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, keampuhan garam juga mampu menghalau kehadiran serangga kecil perusak. Foto: wp.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Kehadiran koloni serangga kecil ini merupakan ancaman bagi semua pemilik rumah. Karena, rayap atau biasa dikenal sebagai semut putih mampu merusak furnitur berbahan kayu.

Selain memiliki sifat penghancur secara diam-diam (silent destroyer), koloni ini juga ahli bersembunyi di tempat yang sangat sulit untuk ditemukan.

Untuk mencegah berkembang biaknya rayap, berikut ini cara sederhana yang ramah lingkungan untuk membasminya.

Baca juga: Tips Mudah Mengetahui Keberadaan Serangga Ini di Rumah

Salah satu langkah termudah mengusirnya adalah menggunakan air cucian beras. Cairan ini selain ramah lingkungan juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk menghalau rayap.

Caranya mudah, Anda cukup menyiramkan air cucian beras tersebut di tempat persembunyian mahluk pengerat ini.

Cairan ramah lingkungan lain yang ampuh membasmi rayap yaitu air kapur sirih. Satu keunikannya adalah memiliki panas dan cukup ditakuti oleh kawanan rayap.

Pilih Cairan Paling Ampuh
Menurut penelitian, mahluk kecil ini tidak menyukai kapur sirih karena bahan dasar kecantikan itu terdapat kandungan senyawa yang bersifat panas dan mematikan.

Untuk membasminya, siramkan air kapur sirih pada tempat kawanan rayap berkumpul. Biarkan cairan itu membasahi mereka, efeknya akan mengurangi pertumbuhan serta keberadaan koloni itu.

Selain air beras dan kapur sirih, air tembakau juga diyakini mampu mengusir binatang pengerat yang umumnya bersarang di hampir semua elemen rumah.

Langkah cermat mengusirnya, rendam tembakau ke dalam air selama satu malam. Rendaman air ini bertujuan untuk mengeluarkan sari yang ada di dalam tembakau.

Cara menangkalnya hampir sama, cukup disemprotkan ke dalam sarang rayap. Dengan begitu, cairan itu akan beraksi membasmi dengan cepat.

Metode lain yang ramah lingkungan dan efektif memusnahkan keberadaannya adalah menggunakan garam. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, penyedap rasa ini juga ampuh menghalau kehadiran serangga kecil perusak.

Untuk membasminya, Anda cukup menaburkan garam di area favorit berkembangnya rayap. Maka, serangga kecil itu akan segera menghindar.

Supaya lebih efektif lagi, Anda bisa mencampurkannya dengan air tembakau dan kemudian disemprotkan ke tempat rayap berkumpul.

Tak hanya garam, koloni serangga penghancur ini juga takut terhadap minyak tanah. Sama halnya dengan cairan lain, bahan bakar ini memiliki sifat panas yang tidak disukai rayap.

Trik berikut yang cukup ampuh mengusir kehadirannya adalah dengan melakukan penjemuran, cara ini dapat dilakukan jika furnitur Anda sudah terserang rayap.

Pada dasarnya rayap menyukai tempat yang lembap. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penempatan furnitur di area yang sulit terjangkau sinar matahari.

Jika penerapan trik ini dilakukan secara berkala, rayap akan enggan untuk berkembang biak. Rumah Anda pun bisa terbebas oleh ancaman rayap.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda