Selain Indah, 4 Jenis Tanaman Ini Berguna Mengusir Nyamuk di Rumah

Menghadirkan beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di halaman depan rumah maupun diletakkan pada bagian interior, akan menghalau serangga tersebut untuk berkeliaran.

tanaman pengusir nyamuk, lavender, rosia
Lavender menjadi salah satu tanaman yang dapat mengusir nyamuk di dalam rumah. (Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan akan menstimulasi perkembangbiakan nyamuk di sekitar lingkungan rumah. Akibatnya, serangga tersebut mulai banyak berkeliaran di luar maupun dalam hunian.

Disaat banyak nyamuk di dalam ruangan, pada umumnya pemilik rumah akan menggunakan obat semprot serangga yang banyak menggandung zat kimia.

Sebenarnya terdapat cara alternatif mengusir nyamuk secara alami, tanpa membahayakan kesehatan anggota keluarga lho Hokie People.

Baca Juga: Ini Dia Cara Alternatif Basmi Jentik Nyamuk di Lingkungan Rumah

Anda cukup menghadirkan beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di halaman depan rumah maupun pada bagian interior tempat tinggal. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dikenal berguna dalam mengusir nyamuk.

Rosemary

Rosemary. (Foto: thriveonnews)

Rosemary tidak hanya digunakan sebagai bahan memasak, akan tetapi tumbuhan itu juga bisa berkhasiat sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumah. Beraroma seperti minyak kayu putih, bau Rosemary mampu membuat serangga merasa pusing dan kehilangan kendali.

Baca Juga: Tirai Magnetis Bikin Udara Segar, Kamar Jadi Bebas Nyamuk

Untuk penggunaannya, Anda cukup menggosok tanaman pengusir nyamuk ini di kulit. Bisa pula setelah diremas sedikit, tempatkan dalam satu wadah, sehingga nyamuk tak akan berkeliaran.

Bunga lavender

Deretan tanaman penghalau nyamuk, avender
Tanaman lavender. (Foto: sulselku)

Berbentuk semak atau pohon kecil, bunganya lavender dikenal sebagai tumbuhan yang ditakuti oleh nyamuk. Tumbuh di dataran berketinggian 500-1300 mdpl, Lavender ini mengandung linalool dan lynalyl asetat.

Baca Juga: Tips Hadirkan Suasana Interior Cantik dengan Tanaman Hias

Kedua zat tersebut mampu menghalau dari serangan nyamuk. Tanaman yang memiliki bunga berwarna ungu ini dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur.

Geranium

Deretan tanaman penghalau nyamuk, avender
Geranium (Foto: thompson)

Sebagai tanaman gantung terbaik, Geranium juga dikenal sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang memiliki tinggi hingga 60 cm ini mengandung zat geraniol dan sitroneol yang tidak disukai nyamuk. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara di stek batangnya,lalu menanamnya di tanah

Tanaman serai

Deretan tanaman penghalau nyamuk, tanaman serai wangi
Tanaman serai wangi. (Foto: leadershipayau)

Sama dengan rosemary, tanaman serai (lemongrass) selain berguna sebagai bahan memasakan dan bahan minuman, juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk dengan bentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa menghalau serangga berkeliaran.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda