Selain Pembatas Hunian, Pagar Juga Difungsikan Sebagai Identitas

Jika tampilan rumah Anda ingin terlihat serasi dengan bentuk pagar. Tentunya, desain pembatas hunian harus bisa menyesuaikan dengan tema.

Hunian bergaya minimalis, desain pagarnya harus bisa menyesuaikan tema.

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai pembatas sebuah hunian, pagar juga memiliki fungsi lain dalam seni arsitektur. Dari sisi estetika, pagar dapat diartikan sesuai fungsinya sebagai pelindung sekaligus identitas hunian itu sendiri.

Jika tampilan rumah Anda ingin terlihat serasi dengan bentuk pembatasnya. Tentunya, desain pagar harus bisa menyesuaikan dengan tema hunian tersebut.

Untuk menghasilkan desain pagar yang tepat, berikut ini langkah yang harus Anda perhatikan.

Pilih materialnya
Langkah awal adalah menentukan pemilihan materialnya. Pilih material yang menurut Anda tahan terhadap segala cuaca. Selanjutnya yaitu menentukan bentuk dan tema pagar itu sendiri. Komposisikan penggunaan material yang akan diaplikasikan.

Pilih material yang dapat digunakan, contohnya saja kayu atau besi. Material tersebut dapat disempurnakan oleh penempatan tanaman dan lain sebagainya. Modifikasikanlah material tersebut sesuai keinginan.

Jika tema hunian mengadopsi unsur alami, material pagar bisa dipilih berbahan kayu. Misalnya, mengkombinasikan antara bahan kayu dan besi yang disusun menarik, dipercantik oleh hiasan tanaman agar terlihat asri.

Jika hunian Anda mengadopsi gaya arsitektur minimalis, desainlah pagar tersebut bergaya minimalis dengan permainan garis dan pemilihan warna yang tepat. Model seperti ini akan menambah kesan estetis nan elegan pada tampilannya.

Sesuaikan pula tinggi dan dimensinya pagar tersebut. Penyesuaian dimensi itu dipastikan mampu memberikan rasa aman terhadap pemilik huniannya.

Pemilihan warna dan bentuk
Hal lain yang mesti diperhatikan adalah permainan warna pagar itu sendiri. Sesuaikan pemilihan warna dengan dominasi warna rumah Anda. Pastikan bahwa, estetika yang terbentuk menghasilkan tampilan yang serasi.

Sebagai bentuk eksplorasi desain yang menawan, warna yang melekat pada pagar juga berfungsi sebagai identitas hunian itu sendiri.

Bentuk pagar memiliki ragam pilihan yang bermacam-macam, ada pagar yang modelnya disempurnakan oleh ukiran bertema klasik, ada juga berteme modern dengan bentuk lengkungan artistik, dan bergaya minimalis berbentuk pola garis.

Untuk menghasilkan model yang tepat, pastikan bahwa warna dan bentuk pagar yang Anda pilih sesuai keinginan juga tema yang dipilih. Pastinya, estetika yang terbentuk jadi berkesan menarik perhatian.

Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda