Sensasi Kulineran di Resto Bernuansa Rumah Tradisional Thailand

Terinspirasi dari kebudayaan Thailand, interior restoran ini mengolaborasikan unsur tradisional dan rancangan modern tropis yang mengesankan.

Berada di area pusat perbelanjaan, Nam Thai Kitchen dirancang dengan mengadopsi keterbukaan. Seluruh restoran bertindak sebagai satu teras besar dari sebuah interpretasi rumah tradisional Thailand; dimana orang bisa berkeliaran, menikmati pemandangan tropis yang indah. (Foto: Dok. Leo Einstein)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki cita rasa yang hampir sama dengan kuliner Indonesia, membuat masakan khas Thailand banyak digemari oleh masyarakat Tanah Air, khususnya di Ibukota.

Tak mengherankan apabila hal tersebut memicu tumbuhnya restoran atau kafe yang menawarkan menu makanan negeri Gajah Putih itu, seperti yang disajikan oleh Nam Thai Kitchen di Pantai Indah Kapuk Avenue, Jakarta Utara.

Baca Juga: Serunya Menyesap ‘Si Hitam’ di Coffee Shop Bernuansa Industrial

Terinspirasi oleh kebudayaan Thailand, interior Nam Thai Kitchen didesain dengan me-reinterpretasi dari rumah tradisional negeri tersebut. Tak butuh waktu lama bagi pengunjung untuk merasakan atmosfer tropis yang begitu terlihat dari desain restoran seluas 450 meter persegi ini.

Pengunjug Nam Thai Kitchen dapat merasakan peralihan ruang antara area indoor dengan area outdoor melalui aplikasi jendela besar yang berada di bagian belakang restoran. (Foto: Dok. Leo Einstein)

Sang desainernya, Leo Einstein Franciscus dari biro desain Einstein & Associates, mewujudkan konsep itu dengan menghadirkan konektivitas antara area indoor dan area outdoor melalui kombinasi penggunaan material alam, seperti kayu dan batuan alam dengan material industri, seperti besi dan kuningan.

Ia pun memperhatikan pula aspek kebudayaan tradisional Thailand, kemudian menggabungkannya dengan cara yang modern melalui penggunaan detail-detail ornamen dekoratif khas negeri tersebut.

Nuansa tradisional dari budaya Thailand coba dibangun oleh sang desainer melalui penggunaan berbagai elemen dekoratif berkarakter, seperti mural di dinding serta lampu gantung berbentuk lonceng.(Foto: Dok. Leo Einstein)

Ada beberapa elemen interior yang kontras diaplikasikan di Nam Thai Kitchen. Demi menguatkan tema restoran ini, Leo Einstein membuat bentuk rumah tradisional di sisi bar, yang dipadukan dengan aksen mosaik dan kuningan, agar tidak terlihat terkesan ketinggalan jaman.

Sang desainer pun menerapkan mural bergambar cerita rakyat negara tersebut yang dapat berpadu apik dengan penggunaan kursi rotan sintetis serta lampu yang didesain khusus menyerupai bentuk lonceng. Agar terkesan tropis, diletakan pula tanaman hias di beberapa bagian ruangan.

Baca Juga: 5 Kafe dan Resto di Bogor Dengan Penampilan Interior yang Keren

Unsur lain yang akan ‘mencuri’ perhatian pengunjung setelah memasuki restoran ini adalah bentuk geometris modern dari plafon yang menirukan bentuk payung, seakan-akan melindungi orang-orang di bawahnya dari panas atau hujan.

Area dalam ruangan penuh dengan perabotan kasual dan modern dengan aksen kuningan di tepi meja. Hadirnya kursi rotan sintetis bermotif menambah kesan kontemporer nan elegan pada restoran ini. (Foto: Dok. Leo Einstein)

Nama “Nam” yang dalam bahasa Thailand berarti Air, diejawantahkan oleh Leo Einstein dalam desain lampu kristal menyerupai air terjun, yang diaplikasikan menggantung di atas area indoor. Dengan demikian, bagian plafon di area indoor menjadi point of interest bagi siapa pun yang berada di ruangan tersebut.

Sedangkan untuk bagian area outdoor, rancangannya mensimulasikan taman tropis dan area transisi yang menghubungkan keduanya, sehingga pengunjung bisa menikmati pula suasana alam khas negeri Asean tersebut.

Walaupun terletak di dalam pusat perbelanjaan, kolaborasi aspek tradisional dari kebudayaan Thailand dan beberapa elemen modern yang kekinian, sukses menghadirkan sebuah ‘pengalaman ruang’ dari rancangan restoran bernuansa negeri tropis yang mengesankan bagi para pengunjungnya.

Mumpung masih liburan, yuk merasakan atmosfer dari interior restoran ini!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda