Seperti Apa Sih Gaya Interior Hunian Tradisonal Jepang?

Hunian bergaya Jepang memiliki desain yang menunjukkan ciri khas akan tradisi dan budaya yang kuat dari negeri tersebut serta dekat dengan alam.

(Foto: Aofwe.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Maraknya pembangunan hunian vertikal di beberapa wilayah Jabodetabek yang membidik ekspatriat Jepang sebagai penghuninya, membuat semarak dunia properti Tanah Air. Hal itu pun secara tidak langsung juga berdampak pada tren penerapan interior bernuansa Negeri Sakura yang semakin banyak diadopsi oleh sebagian masyarakat.

Lalu, sebenarnya bagaimana karakteristik gaya interior khas rumah tradisional Jepang? Apa saja yang perlu diperhatikan apabila kita ingin menerapkan konsep tersebut di hunian?

Dikutip dari Rooang, hunian bergaya Jepang memiliki desain yang menunjukkan ciri khas akan tradisi dan budaya yang kuat dari negeri tersebut. Karakteristik gaya desain itu tak hanya digunakan untuk rumah-rumah tradisional Jepang, namun juga bisa diterapkan pada tampilan hunian modern.

Baca Juga: Kemewahan Desain Interior Hunian Ini Mengadopsi Teknologi Jepang

Kecintaan masyarakat Jepang pada desain rumah tradisionalnya, bahkan mereka bawa hingga di luar Jepang. Banyak masyarakat di negara lain, termasuk di Indonesia, pada akhirnya tertarik dengan konsep hunian bernuansa Jepang.

Jika anda ingin meniru karakteristik desain rumah bergaya Jepang untuk hunian pribadi,
berikut ini beberapa poin yang harus diingat.

Tampilannya minimalis dan praktis

Desain rumah bergaya Jepang, menonjolkan gaya yang minimalis, sederhana dan praktis.
Penggunaan desain dan furnitur rumah pun biasanya tak terlalu banyak, karena mereka lebih mementingkan fungsi.

Ruangan-ruangannya nampak luas karena menggunakan konsep lesehan dengan alas duduk yang tebal. Namun pada desain rumah modern, konsep tersebut tak jarang diganti dengan menggunakan sofa atau furniture berkaki pendek untuk membuat rumah tetap terasa lapang.

Aplikasi pintu geser

Salah satu ciri khas rumah bergaya Jepang adalah diaplikasikannya pintu geser dibanding pintu dorong. Penggunaan pintu geser sendiri memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah membuat ruangan tampak lebih dinamis.

Baca Juga: Kenalkan Dotonburi Shopping Street, Pollux Properties Garap Pasar Karawang

Memiliki genkan

Genkan merupakan koridor atau lorong, sebelum masuk ke dalam rumah. Semua orang yang akan masuk ke dalam rumah harus melepas sepatu atau sandal yang digunakan di luar rumah. Oleh sebab itu pada area koridor atau genkan, disediakan rak khusus untuk meletakan sepatu.

Ruangan tanpa sekat

Salah satu karakteristik rumah bernuansa Jepang, yakni ruangan-ruangan dibuat tanpa sekat. Selain di kamar tidur maupun kamar mandi yang sifatnya privat, rumah bergaya bernuansa jarang menggunakan sekat antar ruangan satu dengan ruangan lainnya. Konsep tanpa banyak sekat ini membuat hunian tampak luas dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda