Sharp Indonesia Incar Generasi Milenial Lewat Pemasaran Digital

Kepuasan pelanggan adalah hal utama bagi Sharp Indonesia. Untuk itu, kualitas produk, servis, dan keterampilan teknisi harus terjaga.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia (Foto: Andy - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Di 2020 mendatang, PT Sharp Electronics Indonesia akan genap berusia 50 tahun. Di usia emas ini, Sharp Indonesia melakukan beragam strategi untuk mempenetrasi pasar dan menjadi top of mind di benak konsumen.

Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka mengatakan, sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada konsumen setia di Indonesia, pihaknya membuat beberapa strategi, seperti kampanye “50 Years Anniversary” yang sudah dimulai April 2019 lalu.

Baca Juga: Layani Konsumen Hingga Pelosok, Sharp Indonesia Rilis Mobile Display Truck

“Salah satu dari strategi kami adalah meluncurkan ’50 Years Anniversary Truck’ yang berkeliling di 170 kota di lima pulau besar untuk mempenetrasi pasar yang sebelumnya belum tersentuh Sharp Indonesia,” kata Shinji Teraoka kepada RumahHokie.com.

Jelang perhelatan ulang tahun emas, imbuhnya, Sharp Indonesia juga meluncurkan Gold Model, yakni produk home appliances berlapis warna emas. Produk-produk yang dijual secara eksklusif ini terdiri dari lima kategori, yakni TV LCD, kulkas, mesin cuci, dan dua model pembersih udara.

Peluncuran-Sharp-Mobile-Display-Truck-Shinji-Teraoka-Andri-Adi-Utomo-by-Anto-Erawan-RumahHokie-dok
Peluncuran Sharp Mobile Display Truck dihadiri oleh Presiden Direktur Sharp Indonesia, Shinji Teraoka (kedua dari kiri) dan National Sales Senior General Manager, Andri Adi Utomo (ketiga dari kiri) – (Foto: Anto Erawan – RumahHokie.com)

Local Fit dan Produk Ekspor
Teraoka menuturkan, Sharp Indonesia selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen di Indonesia. Untuk memanjakan konsumen, Sharp meluncurkan produk local fit yang dibuat khusus untuk konsumen Indonesia.

“Paling utama, kami ingin memberikan produk local fit untuk para pelanggan setia kami. Tentu saja, produk ini membutuhkan harga yang kompetitif, kualitas yang baik, dan tahan lama,” katanya.

Baca Juga: Jelang Lima Dekade, Sharp Indonesia Rilis Kampanye “50 Years Celebration”

Dia menambahkan, Sharp saat ini memiliki tiga kategori produk local fit, yaitu kulkas Halal Series, mesin cuci Hijab Series, dan Azan TV.

“Sekarang kami memiliki tiga kategori. Tentu saja Sharp harus mempertimbangkan produk local fit tambahan, tetapi sekarang ini masih dalam perencanaan, jadi harap tunggu,” kata Teraoka.

Baca Juga: Tambah Lini Produk Mesin Cuci, Sharp Indonesia Bidik Pasar Ekspor

Menurutnya, Sharp juga berencana melakukan ekspor beberapa kategori produk ke negara-negara ASEAN, Timur Tengah, dan Papua Nugini.

“Sekarang, kami ingin memfokuskan untuk ekspor ke negara-negara Asia untuk produk mesin cuci top loading. Satu bulan lalu, kami telah meluncurkan mesin cuci top loading buatan Indonesia. Kami masih ingin fokus dan memperluas bisnis untuk ekspor,” jelas Teraoka.

sharp-indonesia-new-line-mesin-cuci-karawang-menteri-perindustrian-rumahhokie-dok
Peluncuran lini produk mesin cuci terbaru di KIIC oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Foto: Anto Erawan – RumahHokie.com)

Generasi Milenial dan Pemasaran Digital
Beberapa tahun ke depan, Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana penduduk usia produktif akan mendominasi populasi. Melihat peluang tersebut, Sharp akan meluncurkan produk canggih berbasis teknologi artificial intelligence of things (AIoT).

“Sharp ingin membuat mimpi para pelanggan menjadi kenyataan. Salah satunya dengan menawarkan teknologi AIoT. Teknologi ini adalah masa depan kita. Selain itu, Sharp sudah mengembangkan teknologi 8K dan ingin melakukan penetrasi 8K di Indonesia. Kami sudah memiliki TV monitor 8K dan dalam waktu dekat, kami akan menyediakan kamera 8K. Menggunakan kamera ini, konsumen bisa merekam video dan dapat menontonnya di TV dengan kualitas baik,” papar Teraoka.

Baca Juga: Sharp Indonesia Pasarkan TV Aquos 8K Seharga Rumah!

Terkait dominasi generasi milenial yang cenderung konsumtif dan gadget-minded, Sharp juga mempersiapkan beberapa produk seperti smartphone, notebook, dan produk kesehatan yang dibekali teknologi Plasmacluster.

Untuk menangkap pasar kawula muda ini, imbuhnya, Sharp akan fokus menggunakan pemasaran digital (digital marketing). Saat ini Sharp Indonesia telah memiliki Sharp ID, aplikasi yang digunakan untuk menginformasikan pelanggan seputar produk yang dipasarkan Sharp dan layanan purna jual.

Baca Juga: Rilis Aquos Sound Partner, Sharp Perkenalkan Cara Baru Nikmati Musik

Menyoal kepuasan pelanggan, Teraoka mengatakan, hal terpenting adalah Sharp harus menjaga dan mempertahankan kualitas produk. Selain itu, kualitas servis dan keterampilan teknisi juga harus baik.

“Yang pasti, hal terpenting adalah kepuasan pelanggan kami. Itu sebabnya sekarang kami memiliki layanan customer satisfaction di setiap area dan saat ini kami memiliki 400 service station,” ungkapnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda