Short-Term Rent: Pahit-Manis Bisnis Portal Hotel Online

Jenisnya yang disewakan bisa kamar di apartemen, seisi rumah, bahkan rumah pohon (tree house) di tepi hutan dan rumah perahu. Pokoknya orang bisa ngorok.

bisnis perhotelan

RumahHokie.com – Anda mungkin nggak tahu kalo Indonesia sudah “kedatangan” pemain besar: Airbnb Inc milik miliarder Brian Chesky.

Mengapa mereka datang? Pasar kita gede sementara mereka terjepit di kota-kota besar dunia. Dibuang di San Francisco, Amsterdam, Barcelona, Berlin, dan sekarang New York.

Padahal, omzetnya di New York saja sudah mencapai Rp13 triliun setahun. Apa dosanya?

Airbnb berbisnis jasa informasi sewa kamar/apartemen murah. Anda bisa titip properti untuk dicarikan penyewa.

Jenisnya apa saja: mulai dari salah satu kamar di apartemen, seisi rumah, bahkan rumah pohon (tree house) di tepi hutan dan rumah perahu. Pokoknya menyewakan kepada orang bisa ngorok.

Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis Hotel Kapsul

Anda cukup kasih tahu apa saja fasilitasnya agar calon penyewa tahu apakah mereka bisa numpang pipis atau harus ke balik pohon.
Ini dahsyat.

Berbeda dengan Traveloka dan sejenisnya yang jadi portal info hotel-hotel, Airbnb lebih berantakan listing-nya. Anda juga bisa menyewakan tikar di teras rumah.

Mengapa mereka ditolak dimana-mana? Bisnis hotel terancam. Harga properti murah naik nggak karuan dan dipastikan harga sewa apartemen bakal terbang tinggi.

Jaringan global Arbnb sudah dikenal turis backpaker dan pelaku perjalanan bisnis singkat antar kota/negara. Ini bakal wabah karena hotel juga tambah belagu.

Budget/business hotel yang semula dirancang dengan tarif murah, sudah sangat mahal. Semalam Rp700 ribu tanpa fasilitas-fasilitas kan bikin geram.

Baca Juga: Hotel Paling Legendaris di New York Ini Terpaksa Ditutup

Model hotel budget di negeri ini sudah melenceng, karena pasarnya memang mau. Lihat di Amrik. Travelodge atau motel-motel bed & breakfast tetap saja murah.

Ya udah. Yang penting Anda tahu, bahwa bisnis properti itu nggak ada matinye. Lama-lama kulkas dimodif jadi penginapan. Promo Anda berbunyi: ”murah dan sejuk”, tapi tidurnya berdiri!

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda