Signify Lakukan Uji Coba Teknologi Pencahayaan Berbasis LiFi

Signify memperkenalkan teknologi penerangan berbasis LiFI yang menggabungkan lampu hemat energi dengan sambungan nirkabel berkecepatan tinggi, dengan menggunakan gelombang cahaya.

Signify Indonesia, LiFi, IQ Edu
(Foto: dok. Signify)

RumahHokie.com (Jakarta) – Signify, perusahaan global di bidang pencahayaan, mengumumkan bahwa pihaknya sedang menguji coba sistem penerangan berbasis Light Fidelity (LiFi) untuk pasar komersial.

Teknologi penerangan berbasis LiFi itu, menggabungkan lampu hemat energi dengan sambungan nirkabel berkecepatan tinggi dan stabil dengan menggunakan gelombang cahaya.

Implementasi teknologi pencahayaan berbasis LiFi tersebut mulai mulai diuji-cobakan kepada 30 pelanggan di kawasan Eropa, Amerika Utara dan Asia.

Baca Juga: Melalui ‘City of Light’, Signify Kenalkan Inovasi Sistem Pencahayaan Internet of Things

Dilansir dari siaran pers, Jum’at (08/03/2019), Michel Germe, Head of LiFi Signify, mengatakan pihaknya telah memasang LiFi di 26 gedung di seluruh dunia.

““Kami telah menerima ratusan permintaan informasi dari para pelanggan potensial di seluruh penjuru dunia. Proyek-proyek percontohan awal kami mencerminkan potensi luar biasa besar dari teknologi pencahaayan ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Germe mencontohkan, di Bangalore, India, penyedia ruang kantor bersama (co-working space), Incubex, telah membuat area pertemuan yang dilengkapi dengan lampu berbasis LiFi. Dengan cara itu, memungkinkan banyak perusahaan rintisan (start-up) untuk mengeksplorasi teknologi LiFi.

Baca Juga: Signify Terangi Landmark Kota Shanghai dengan 50 Ribu Lampu Terkoneksi

Sedangkan, Atea, perusahaan infrastruktur teknologi informasi (TI) di wilayah Nordik dan Baltik, sedang menguji coba LiFi di kantor-nya di Stavanger, Norwegia.

“Perusahaan tersebut telah memasang luminer LiFi di lobi gedung-nya, sehingga dapat mendemonstrasikan teknologi tersebut dan mengajak pengunjung menjajaki teknologi komunikasi nirkabel yang baru,” ujar Germe.

Sementara itu, di Indonesia, Signify telah bermitra dengan IQ Education untuk menciptakan lingkungan belajar berteknologi tinggi bagi anak-anak usia 6 hingga 12 tahun. Tempat edukasi tersebut bertujuan untuk menjadi tempat yang ‘menjembatani’ antara sekolah dan rumah.

Baca Juga: Signify Tawarkan Standar Keselamatan Pemasangan Lampu Tabung LED

Dalam kesempatan yang sama, Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia menjelaskan sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di Asia Tenggara, Indonesia telah siap untuk menerima teknologi pencahayaan, seperti LiFi.

LiFi akan mengubah cara kita mengakses internet, dan teknologi ini telah menarik banyak peminat, terutama dimana koneksi internet cepat dan sangat aman dibutuhkan. Kami tidak sabar melihat bagaimana Signify dan pelanggan kami akan menemukan cara baru untuk
menggunakan LiFi baik di kantor, di toko dan di pusat pendidikan seperti IQ, pungkas Rami.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda