Signify Luncurkan Sistem Pencahayaan yang Bisa Membantu Komunikasi Secara Nirkabel

Sistem pencahayaan LiFi yang dikembangkan Signify ditujukan untuk pasar profesional, seperti perkantoran, perhotelan, ritel, industri, dan layanan kesehatan.

Signify Trulifi, Philips LED, Signify Indonesia,
(Foto: dok. Signify)

RumahHokie.com (Eindhoven) – Signify meluncurkan rangkaian sistem pencahayaan LiFi teranyar untuk pasar komersial. Rangkaian yang dinamai Trulifi ini menggunakan gelombang cahaya nirkabel dua arah yang diklaim aman.

Sistem pencahayaan Trulifi menggunakan teknologi pemancar-penerima (transceiver) nirkabel optik yang dipasangkan ke dalam luminer lampu LED Philips.

Rangkaian baru ini terdiri dari luminer Trulifi yang menyediakan konektivitas nirkabel dengan kecepatan hingga 150 Mbps di ruangan besar, seperti ruang rapat dan gedung perkantoran.

Baca Juga: Signify Lakukan Uji Coba Teknologi Pencahayaan Berbasis LiFi

Dilansir dari siaran pers, Kamis (20/06/2019), Olivia Qiu, Chief Innovation Officer Signify menjelaskan pelanggan tidak perlu melepas dan mengganti infrastruktur pencahayaan yang sudah ada, untuk mendapatkan kualitas cahaya serta konektivitas nirkabel yang luar biasa.

“Kami akan membantu pelanggan untuk memanfaatkan infrastruktur pencahayaan guna mendapatkan sambungan nirkabel berkecepatan tinggi yang dapat diandalkan, aman, dengan harga yang sangat kompetitif. Di mana pun ada cahaya, di sana sekarang
komunikasi nirkabel dapat hadir,” tutur Olivia.

Inovasi yang dikembangkan oleh Signify ini juga mencakup sistem point-to-point dengan kecepatan hingga 250 Mbps, yang bertindak seperti kabel nirkabel.

Baca Juga: Signify Aplikasikan Teknologi Pencahayaan Baru di Masjid Raya Padang

Menurut Olivia, dengan kecepatan koneksi tersebut, cukup untuk melakukan streaming 30 film dengan kualitas HDTV 1080p secara bersamaan.

Lebih lanjut dia mengatakan sistem ini memiliki transisi yang mulus antar luminer, sehingga memungkinkan pengguna Trulifi dapat bebas bergerak dalam ruangan.

“Kunci akses USB yang dipasang ke laptop diperlukan untuk menerima sinyal LiFi, sekaligus bertindak sebagai emitor untuk mengirim data kembali ke luminer,” katanya.

Terkait dengan inovasi ini, pihak Signify mengumumkan bahwa sistem pencahayaan Trulifi sudah digunakan di dua perusahaan dunia, yakni Globalworth dan Claerhout Communication Campus.

Baca Juga: Signify Terangi Landmark Kota Shanghai dengan 50 Ribu Lampu Terkoneksi

Globalworth telah memasang 18 luminer Philips yang dilengkapi Trulifi di tiga ruang rapat di kantornya yang terletak di Spektrum Tower di Warsawa, Polandia.

Sedangkan Claerhout, telah memasang perangkat itu ke dalam empat luminer Philips LED terkoneksi di ruang rapat

“Sistem pencahayaan Trulifi menggarisbawahi strategi kami dalam membuka potensi cahaya untuk menjawab kebutuhan pasar yang baru dengan pertumbuhan tinggi,” pungkas Olivia.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda