Sinergi Pengembang REI DKI Jakarta Wujudkan Program DP Nol Rupiah

Ditandai dengan penandatanganan bersama yang dilakukan di Balai Kota, para pengembang properti Tanah Air yang merupakan bagian dari anggota REI DKI Jakarta siap mewujudkan program Rumah DP Nol Rupiah yang dicanangkan oleh Pemda DKI Jakarta.

DPD REI DKI Jakarta-RumahHokie.com-Adhitya Putra
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berfoto bersama dengan jajaran pengurus DPD REI Jakarta saat melakukan penandatanganan kerjasama program Rumah DP Nol Rupiah, Kamis, (18/01/2018) di Balai Kota Jakarta/ (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Para pengembang yang tergabung sebagai anggota Real Estat Indonesia (REI) DKI Jakarta, sepakat untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna mendukung program Rumah DP Nol Rupiah.

Ditandai dengan penandatanganan bersama yang dilakukan di Balai Kota Jakarta, Kamis (18/01/2018), sebanyak 21 pengembang properti besar Tanah Air yang merupakan bagian dari anggota REI DKI Jakarta siap untuk mewujudkan program Rumah DP Nol Rupiah yang dicanangkan oleh Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno tersebut.

Baca Juga: DPD REI DKI Jakarta Siapkan Blue Print Perumahan 2017 – 2022

Ketua DPD REI DKI Jakarta, Amran Nukman HD, menjelaskan kesepakatan kerjasama ini merupakan langkah kongkrit yang ditunjukan oleh pihaknya dalam mendukung pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi warganya.

“Tentu ada beberapa detail yang harus dibicarakan lebih lanjut. Mengenai bagaimana skema DP Nol Rupiahnya, karena nantinya perlu berkoordinasi dengan OJK dan Bank Indonesia,” ujar Amran.

Ia menambahkan, hal yang perlu dibahas lebih mendalam adalah mengenai bagaimana dengan ketersediaan lahannya serta lokasinya. Apakah nanti akan berdiri di tanah milih Pemprov. Lalu, juga bagaimana soal perizinan dalam mewujudkan program tersebut.

“Tentunya harus ada terobosan dari Gubernur dan jajarannya jika program ini ingin sukses, karena sepenuhnya perizinan berada di tangan Pemprov DKI Jakarta,” harapnya.

Baca Juga: REI DKI Jakarta: DP Nol Rupiah Bisa Dirilis di 100 Hari Pertama Anies-Sandi

Berkaitan dengan hal itu, setelah proses penandatanganan kesepakatan ini akan dibentuk tim kecil yang anggotanya terdiri atas Pemprov DKI Jakarta, DPD REI DKI Jakarta dan pengembang properti anggota REI DKI Jakarta.

Selanjutnya, tim kerja tersebut akan merumuskan rencana kerja dan hal teknis terkait hak dan kewajiban masing-masing pihak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Amran program Hunian DP Nol Rupiah adalah pertama kalinya Pemprov DKI Jakarta mengambil inisiatif ‘memimpin’ pembangunan hunian secara langsung dan kongrit.

“Selama ini Pemprov DKI Jakarta hanya mengatur tata ruang saja. Sedangkan, eksekusinya diserahkan kepada pasar. Momentum ini adalah kesempatan bagus untuk Pemprov, para pelaku ekonomi dan juga masyarakat yang akan terbantu dengan program hunian DP Nol Rupiah ini,” pungkas Amran Nukman.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda