Tahun Anjing Tanah 2018: Shio Apa yang Beruntung?

Di tahun 2018 ini kita kedatangan dua unsur yang sama, yaitu Tanah. Banyak orang khawatir di tahun ini akan datang banyak hal buruk secara universal.

Tahun Anjing Tanah 2018: Shio Apa yang Beruntung?
Tahun Anjing Tanah (Foto: Diolah dari montereypark.ca.gov)

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Sebentar lagi kita memasuki Tahun Anjing Tanah (戊戌年 = Wu Xu Nian). Bila dilihat dari kacamata feng shui, di tahun 2018 ini kita kedatangan dua unsur yang sama—baik wu+tanah dan xu-anjing memiliki elemen yang sama—yaitu Tanah.

Kedua elemen ini merupakan tanah yang kering, sehingga banyak orang yang khawatir tahun 2018 akan memberikan banyak hal yang buruk secara universal.

Baca Juga: Menghadirkan Unsur Tanah dalam Interior Rumah

Sebenarnya, semua tahun bisa sama baiknya, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Tanah yang kering adalah tanah yang kaku. Artinya, tanah ini perlu dibuat lebih halus, lebih lunak, lebih bisa diolah.

Bagaimana membuat tanah bisa diolah? Yaitu dengan memberikan air, agar tanah menjadi lebih lunak, dan menambahkan kayu (tanaman) agar akar tanaman bisa membuat tanah lebih berpori-pori untuk memungkinkan air masuk meresap ke dalam tanah.

Oleh sebab itu sikap yang harus kita arahkan pada tahun 2018 ini adalah sikap air dan sikap kayu. Keduanya merupakan elemen positif atau “favourable elements”.

Air memiliki sifat yang luwes, fleksibel, mengikuti keadaan dimana ia berada, tetapi kemauannya harus kuat, karena sifat air menembus apapun untuk mencapai tujuannya (bergerak ke bawah).

Baca Juga: Bangun Rumah, Sesuaikan dengan Elemen Bentuk dan Lingkungan

Air merupakan lambang kebijaksanaan serta inteligensi. Oleh karena itu, sikap air terkait dengan menjadi lebih bijak serta cerdik menghadapi persoalan.

Sedangkan, sikap kayu adalah sikap yang sifatnya berkembang dari akar – batang – dahan – daun – bunga – buah. Artinya, kita perlu memiliki sikap yang sifatnya hirarkis, bisa membedakan antara yang inti dan pokok dengan yang merupakan kembangnya saja. Kayu juga lambang dari sikap baik hati.

Siapa yang Mendapat Hoki?
Pertanyaan yang pokok sering muncul dan ingin diketahui oleh pembaca adalah apakah tahun ini akan ada rezeki atau sebaliknya, jauh dari rezeki?  Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu tidak bisa hanya melihat dari apa yang menjadi shio dari masing-masing individu. Karena sebenarnya dalam peta kehidupan seseorang, kita perlu membaca bukan hanya tahun lahir (horoskop = shio), tetapi bulan lahir, hari/tanggal lahir, dan jam lahir juga memiliki apa yang kita namakan horoskop atau cabang bumi (di zhi).

Untuk itu kita terlebih dahulu perlu mengetahui hubungan antara horoskop satu dengan lainnya, terutama di Tahun Anjing Tanah ini. Hubungan yang mengatur antara cabang-cabang bumi ini dapat dibagi menjadi dua kelompok: hubungan yang baik (he) dan hubungan yang buruk (chong).

Baca Juga: Pengaruh Shio dalam Pengaturan Feng Shui Rumah

Hubungan yang baik ada dua macam, yaitu liu he (enam keharmonisan) dan san he (tiga harmoni). Sementara, hubungan yang buruk ada tiga macam, yaitu: liu chong (enam clash), liu hai (enam bahaya), dan liu po (enam kehancuran).

Hubungan baik/harmonis yang dinamakan he umumnya yang bersangkutan akan mendapatkan sesuatu berita gembira dalam hidupnya, sedangkan hubungan yang kurang harmonis (chong atau clash) umumnya individu akan “berpisah” dengan sesuatu, atau mendapat perlakukan yang kurang baik dari lingkungan sosial, keluarga, dan lain lain.

Aturan pertama tentang liu he sebagai berikut :

Tikus + Kerbau
Babi + Macan
Anjing + Kelinci
Ayam + Naga
Monyet + Ular
Kambing + Kuda

Artinya, pada tahun 2018 ini mereka yang memiliki unsur Kelinci pada peta kehidupannya akan mendapat keberuntungan.

 

Tahun Kelinci: 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011. Bulan Kelinci: 6 Maret -4 April. Jam Kelinci: 05:00 – 17:00.

Aturan kedua tentang san he sebagai berikut:

Anjing + Kuda + Macan
Babi + Kambing + Kelinci
Tikus + Monyet + Naga
Kerbau + Ayam + Ular

Maka mereka yang memiliki unsur Kuda dan Macan dalam peta  kelahirannya akan cenderung mendapat kabar gembira.

Tahun Kuda: 1954, 1966, 1978, 1990, 2002, 2014. Bulan kuda: 6 Juni – 7 Juli. Jam Kuda:  09:00 – 13:00.

Tahun Macan: 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010. Bulan Macan: 4 Februari  – 6  Maret. Jam Macan: 03:00 – 05:00.

Horoskop yang mendapat keberuntungan di 2018 (bisa berasal pada tahun, bulan, jam, dan hari/tanggal)

Jadi, mereka yang memiliki unsur Kelinci, Kuda, dan Macan pada peta kelahirannya akan mendapat keberuntungan di tahun 2018 ini.

Keberuntungan yang dimaksud bisa saja yang bersangkutan mendapat  jodoh, anak, kenaikan pangkat, mitra bisnis, proyek, rezeki nomplok, dan keberuntungan-keberuntungan lainnya.

(Bersambung)

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda