Tak Sekadar Menerangi, Ini Manfaat Lain dari Lampu Tidur di Kamar

Selain sebagai aksen yang mempercantik interior, kehadiran lampu tidur di samping ranjang ternyata juga memiliki berbagai kegunaan.

Manfaat Penggunaan Lampu Tidur
(Foto : Ikea)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banyak orang menempatkan lampu kecil di salah satu sudut kamar tidur-nya. Selain sebagai aksen yang mempercantik interior, kehadiran lampu tidur di samping ranjang ternyata juga memiliki berbagai kegunaan, lho Hokie People.

Oleh karena itu tak mengherankan pada akhirnya berbagai produsen perabotan rumah tangga mengeluarkan produk lampu tidur dengan berbagai rupa yang unik dan kreatif. Berikut ini empat manfaat meletakkan lampu tidur di area kamar.

Menambah kualitas tidur
Dengan menggunakan lampu tidur, Anda dapat menghadirkan cahaya redup yang nyaman untuk tidur. Umumnya, dengan cara itu bisa membantu tidur kita jadi lebih nyenyak dan berkualitas, apabila dibanding tidur dengan menggunakan lampu yang terang. Efek relaksasi pun dapat bekerja optimal sehingga bisa mengerangi tingkat stress.

Baca Juga : Lampu Pijarca: Buat Dekorasi Kamar Tidur Anak Semakin Berkarakter dan Lucu

Baik untuk kesehatan tubuh
Dilansir dari laman Rooang, memilih tidur dalam cahaya yang minim, ternyata dapat memaksimalkan upaya detoksifikasi yang dilakukan oleh tubuh. Sehingga, kinerja tubuh dalam membersihkan toksin jahat juga menjadi lebih optimal.

Bahkan saat tidur dengan penerangan minim, produksi hormon melatonin dalam tubuh yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit juga akan bekerja optimal.

Menambah keindahan dekorasi kamar
Manfaat lainnya dari aplikasi lampu itu, tentu akan menambah keindahan dekorasi kamar tidur. Umumnya, pemilik rumah akan meletakkan pencahayaan tersebut di dekat ranjang. Pilihlah model lampu tidur yang sesuai dengan keinginan dan tema kamar yang diterapkan. Misalnya, gaya modern minimalis ataupun gaya skandinavia.

Baca Juga : Berbagai Rancangan Lampu LED yang Terinspirasi Keindahan Alam

Membantu mengurangi konsumsi listrik
Dengan mematikan lampu-lampu utama ketika istirahat dan menggantinya dengan lampu tidur, Anda pun dapat mengurangi konsumsi energi listrik yang digunakan. Bukan hanya bisa menghemat tagihan listrik, Anda jug bisa membantu mengurangi dampak global warming.

Menambah kenyamanan dan terkesan hangat
Manfaat selanjutnya dari penggunaan lampu tidur adalah untuk menambah kenyamanan dan kesan hangat pada kamar. Hal itu disebabkan oleh cahaya yang dipancarkan lampu tidur cenderung lebih redup dan memiliki suhu warna (kelvin) yang cenderung lebih kuning, sehingga nyaman di mata.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda