Tambah Lini Produk Mesin Cuci, Sharp Indonesia Bidik Pasar Ekspor

Penambahan lini produksi mesin cuci ini merupakan salah satu bentuk dukungan Sharp terhadap anjuran pemerintah untuk memacu pertumbuhan ekspor.

launching-sharp-new-line-production-mesin-cuci-full-auto-KIIC-airlangga-hartarto-by-anto-erawan-rumahhokie-dok
Peluncuran lini produk mesin cuci terbaru di KIIC oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Karawang) – Meski telah menguasai pasar mesin cuci Tanah Air dengan market share 25,1%, PT Sharp Electronics Indonesia kembali menambah lini produksi. Kali ini, penambahan dikhususkan untuk mesin cuci tipe satu tabung/full auto yang diproduksi pabrik Sharp di Karawang International Industrial City (KIIC).

Baca Juga: Sharp Indonesia Pasarkan TV Aquos 8K Seharga Rumah!

Peluncuran lini produksi teranyar ini dilakukan di pabrik mesin cuci Sharp Indonesia, KIIC, oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian; Dady Iskandar, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan; Tadayuki Miyashita, Kepala Bagian Ekonomi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia; beserta jajaran direksi Sharp Corporation maupun Sharp Indonesia.

Tingkatkan Kinerja Ekspor
Tadashi Ohyama, CEO PT Sharp Electronics Indonesia mengakui, penambahan lini produksi merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap anjuran pemerintah dalam memacu pertumbuhan ekspor.

“Mesin cuci Sharp Indonesia merupakan salah satu kategori produk unggulan kami. Meski banyak fitur dan desain yang dibuat khusus untuk pasar Tanah Air, ternyata banyak mesin cuci kami yang diminati oleh negara tetangga dengan karakteristik konsumen serupa, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, Timur Tengah dan banyak negara lainnya,” kata Ohyama.

Baca Juga: Sharp Indonesia Luncurkan Mesin Cuci Hijab Series

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menuturkan, penambahan lini produksi mesin cuci full automatic Sharp merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap program peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta memperkuat daya saing produk lokal di pasar ekspor.

“Saat ini Sharp Indonesia memberikan kontribusi nomor empat terbesar di antara subsidiari Sharp Corporation di seluruh dunia. Saya berharap dengan penambahan lini produk ini, serta regulasi baru dari pemerintah yang memberi kemudahan bagi sektor R&D, Sharp Indonesia bisa menjadi kontributor terbesar bagi income Sharp secara global,” paparnya.

pabrik-mesin-cuci-sharp-KIIC-by-anto-erawan-rumahhokie-dok
Perakitan mesin cuci full auto Sharp di KIIC (Foto: Anto Erawan – RumahHokie.com)

14 Model Baru
Pada kesempatan yang sama, Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia menerangkan, pabrik Sharp Indonesia di KIIC yang dibuka pada 2013 sukses memproduksi mesin cuci tipe dua tabung hingga sebesar 1,2 juta unit per tahun.

“Capaian tersebut memicu Sharp untuk menambah lini produksi mesin cuci satu tabung/full auto sebanyak 400.000 per tahun,” jelas Andry.

Baca Juga: Jelang Lima Dekade, Sharp Indonesia Rilis Kampanye “50 Years Celebration”

Lini produk ini terdiri dari 14 model dengan kapasitas cuci 8 kg – 12 kg, termasuk mesin cuci Megamouth Gold Series yang dibalut dengan warna emas dan diproduksi terbatas hanya 2.000 unit. Mesin cuci gold series dibuat eksklusif dalam rangka 50 tahun kiprah Sharp Indonesia di Indonesia.

“Selain diproduksi dalam negeri, mesin cuci dengan 80% komponen lokal ini mampu menghemat air hingga 50%, mampu bekerja tanpa tekanan air (zero pressure tech), hingga mengantisipasi tegangan listrik yang tidak stabil. Di samping itu, sebagaimana produk Sharp lain, mesin cuci full auto ini semakin terjamin daya tahannya dengan fitur Japan 7 Shield,” jelasnya.

Baca Juga: Berkat Strategi Kanal Digital, Sharp Azan TV Raih Penghargaan

Lebih lanjut, Andry menjelaskan, dengan lini produk terbaru ini Sharp Indonesia juga mematok kenaikan angka ekspor, selain dari market share.

“Kami menargetkan mampu menggenjot pertumbuhan ekspor hingga 30% di tahun 2021 untuk seluruh kategori produk,” pungkasnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda