Terapkan Sistem Precast, Struktur Bangunan Rumah Ini Layaknya Lego

Selain hemat biaya dan efisiensi waktu pengerjaannya, penggunaan struktur ini jauh lebih kuat dengan struktur konvensional.

Rumah ini menggunakan struktur precast

RumahHokie.com (Jakarta) – Model rumah menggunakan struktur precast mungkin sudah menjadi tren di negara maju. Di Indonesia, penerapan struktur tersebut hanya sebatas untuk gedung bertingkat seperti apartemen dan perkantoran.

“Untuk hunian tapak, penerapan sistem ini masih terbilang sedikit. Masyarakat masih beranggapan, pengerjaannya mahal dan membutuhkan tenaga ahli,” ungkap Januarto Wibowo, Arsitek PT. Concedo Efigies Idea.

Baca juga: Elemen Struktur Bangunan Ini Bisa Bikin Cantik Tampilan Interior

Namun kata Januarto, struktur precast ini justru memiliki kekuatan yang lebih baik dari sistem konvensional. Karena pada dasarnya, struktur ini merupakan standar konstruksi bangunan bertingkat.

Selaku konsultan perencanaan, Januarto bersama tim kerjanya coba mengaplikasikan sistem precast pada hunian tapak di wilayah Pluit, Jakarta Barat.

“Untuk memperkenalkan keunggulannya, kami coba terapkan pada rumah dua lantai seluas kurang lebih 900 meterpersegi. Gaya arsitektur yang dipilih bergaya kolonial modern,” ucapnya.

Sebagai specialist pengembangan precast, konstruksi rumah tersebut mengadopsi Manara sistem, salah satu ragam precast yang dikembangkan di Indonesia.

“Sistem ini menerapkan istilah pertemuan join yaitu sambungan antar balok dengan balok dan balok dengan kolom,” jelas Januarto.

Uniknya pengerjaan konstruksi rumah ini layaknya permainan lego. Awalnya masing-masing elemen struktur (kolom, balok dan plat lantai) di cetak terlebih dulu. Setelah terbentuk kemudian dipasang.

“Membangun struktur rumah ini seperti bermain lego, ketika elemen struktur sudah terbentuk sempurna, barulah kami susun sesuai letak dan fungsinya,” papar Januarto.

Proses pemasangan plat pantai precast.
Proses pemasangan plat pantai precast.

Pengerjaannya Lebih Cepat dan Kuat
Langkah awal yang dilakukan yaitu memasang kolom, kemudian disambungkan dengan balok dan disempurnakan oleh proses  grouting (sementasi), dengan mutu beton K-350.

“Grouting dapat mengurangi aliran atau rembesan air, meningkatkan daya dukung tanah atau batuan, pemadatan (mengisi rongga dan celah pada tanah atau batuan), serta mencegah kerusakan struktur,” urainya.

Pengerjaan konstruksi proyek ini ditargetkan tiga bulan. Baru satu setengah bulan, progresnya sudah 60%. Artinya prosesnya bisa dipercepat sesuai keinginan.

“Biaya konstruksinya bisa menghemat 20-30% dari biaya struktur konvensional. Pengerjaannya pun jauh lebih mudah, cepat dan kuat,” ujarnya.

Membangun rumah dengan struktur precast bisa lebih murah apabila dikembangkan secara massal. Artinya ini bisa menjadi acuan bagi developer yang ingin menerapkan pada proyek hunian tapak.

Sekadar informasi, struktur precast atau pracetak merupakan material beton yang dibentuk dalam cetakan dengan ukuran yang sudah ditentukan atau disesuaikan dengan aplikasi kerja.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda