Tetap Hemat Listrik Disaat Musim Panas, Begini Caranya!

Sebenarnya, untuk menghadirkan suhu udara yang nyaman di dalam ruangan, terdapat pendekatan atau cara yang lebih ramah lingkungan dan hemat listrik.

rumah menengah deret kopel - rumahhokie.com
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Udara yang semakin panas saat musim kemarau, mendorong penggunaan alat pendingin ruangan (AC) kian meningkat.

Cara tersebut dilakukan karena dinilai lebih praktis dan cepat dalam menurunkan suhu udara ruangan di hunian agar terasa lebih nyaman.

Padahal seiring intensitas penggunaan AC yang tinggi, maka secara otomatis akan berpengaruh kepada konsumsi listrik dan biaya tagihan yang juga akan meningkat.

Baca Juga : Tips Rumah Nyaman dan Sehat dengan Melihat Pergerakan Matahari

Sebenarnya, untuk menghadirkan suhu udara yang nyaman di dalam ruangan, terdapat pendekatan atau cara yang lebih ramah lingkungan dan hemat listrik.

Misalkan dengan memaksimalkan ventilasi udara dan mendinginkan area di sekitar rumah dengan keberadaan taman.

Hadirkan desain rumah sehat
Salah satu langkah awal untuk menghemat penggunaan listrik adalah dengan cara merancang rumah lebih sehat sejak pertama kali dibangun. Upayakanlah untuk menghadirkan sirkulasi udara yang segar dan pencahayaan alami bisa masuk.

Buatlah hunian dengan banyak jendela dan lubang ventilasi. Dengan cara seperti itu, maka
ruangan-ruangan akan terasa lebih sehat.

Gunakan perangkat elektronik hemat energi
Janganlah segan untuk memilih perangkat elektronik yang memiliki daya listrik rendah. Terutama pada peralatan home appliances yang frekuensi penggunaannya terbilang cukup tinggi, seperti televisi, kulkas, AC dan lain sebagainya.

Baca Juga : Infografis: 8 Tips Agar AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

Ganti pencahayaan lampu dengan LED
Penggunaan lampu LED untuk menerangi seluruh ruangan memang membutuhkan biaya yang tak sedikit pada awalnya. Namun, hal itu akan dirasa berguna dalam menghemat energi jangka waktu yang panjang.

Hijaukan halaman rumah
Pohon dan tanaman lainnya yang ditanam di halaman rumah, ibarat kanopi yang melindungi hunian dari pancaran sinar matahari siang yang berlebih.

Dengan membuat halaman rumah Anda hijau dan asri melalui berbagai tanaman, tentu akan menurunkan suhu udara di sekitar rumah, termasuk di dalam ruangan. Keterbatasan ukuran setiap unit rumah tidak menghalangi untuk menghadirkan berbagai tanaman.

Hal itu dikarenakan, seiring dengan kemajuan teknologi, kini telah tersedia beberapa inovasi lanskap yang memberikan solusi menanam di lahan sempit, seperti aplikasi vertical garden dan roof garden.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda