Tiga Penyebab yang Membuat Kamar Mandi Tidak Sehat

Kamar mandi di rumah yang dirancang biasa-biasa pun akan terlihat lebih baik ketika area tersebut selalu bersih dan sehat.

kamar mandi tidak sehat
(Foto: bethany dillon)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kamar mandi termasuk tempat yang paling mudah lembap dan kotor, seiring dengan penggunannya. Apabila tidak rajin membersihkan, area tersebut akan rentan ditumbuhi bakteri, jamur dan kuman penyakit.

Sebenarnya, kamar mandi di rumah yang dirancang biasa-biasa pun akan terlihat baik ketika area tersebut selalu bersih dan sehat.

Lalu, faktor apa saja sih Hokie People yang membuat kamar mandi tergolong tidak sehat? Simak ulasannya berikut ini.

Jarang menguras bak kamar mandi
Tidak semua pemilik rumah melengkapi kamar mandinya dengan menggunakan shower atau bathtub. Masih banyak diantara mereka yang lebih memilih menggunakan bak untuk menampung air di kamar mandi.

Baca Juga: Lagi Bangun Rumah? Ini Tips Merancang Kamar Mandi Idaman

Nah, salah satu yang membuat area bersih-bersih itu jadi tidak sehat adalah karena penghuni jarang membersihkan atau menguras bak kamar mandi, sehingga rentan timbulnya lumut dan jentik-jentik nyamuk.

Disarankan untuk menguras bak kamar mandi itu minimal seminggu sekali, untuk menghindari jentik-jentik nyamuk berkembang biak. Bersihkanlah bagian dinding bak dengan cairan pembersih khusus keramik, agar keindahan tampilan kamar mandi Anda tetap terjaga.

Tidak langsung membersihkan sisa air sabun
Penyebab lain dari kamar mandi yang tergolong tidak sehat juga bisa didapatkan dari tidak bersihkannya sisa-sisa air yang menempel di lantai dan dinding, ketika sehabis mandi.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Kebocoran pada Bak Kamar Mandi

Jika dibiarkan terlalu lama akan membekas di lantai dan dinding kamar mandi dan membuatnya mudah ditumbuhi jamur, bakteri serta kuman. Tentunya, sisa bekas sabun mandi juga bisa membuat lantai kamar mandi jadi licin. Jadi usahakan setiap usai mandi minimal selalu membersihkannya ya.

Kurangnya ventilasi yang membuat sirkulasi udara bersih tidak bebas masuk
Di dalam ruangan yang rentan lembap seperti kamar mandi, kehadiran ventilasi menjadi salah satu unsur paling penting untuk memasok udara yang bersih dan sehat

Baca Juga: Saluran WC di Kamar Mandi Anda Tersumbat? Atasi dengan 3 Tips Ini

Penyebab kamar mandi tidak sehat dan berbau adalah karena kurangnya lubang ventilasi. Padahal lubang sirkulasi itu sangat penting, agar kamar mandi mendapatkan pasokan udara segar yang cukup dan tidak lembap.

Jika dirasa agak susah untuk membuat lubang ventilasi, gunakanlah exhaust fan agar udara segar mudah untuk masuk ke area kamar mandi.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda