Tips Agen Properti: Ilmu Farming dan Konsumen Loyal

Konsumen bukan istantly cooked. Seperti berkebun, ada proses memilih bibit, menanam di tempat yang subur, menyirami, memupuk, dan memetik saat ranum.

Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – Di ruang-ruang training properti, yang trainernya punya pengalaman jualan, mengajarkan “farming” pasti serius dan sarat contoh.

Farming (berkebun) artinya memupuk database baru atau lama untuk pada saatnya tetap menggunakan jasa kita saat kebutuhannya muncul.

Baca Juga: Penting! Perhatikan Hari-hari Baik Dalam Memasarkan Properti

Konsumen bukan istantly cooked. Seperti berkebun, ada proses memilih bibit, menanam di tempat yang subur, menyirami, memupuk, dan memetik saat ranum.

Mengapa ada buyer yang dipupuk tapi saatnya matang justru dipetik orang lain?

Di luar sana ada banyak konsumen tidak loyal, sekaligus ada pesaing oportunis. Belantaranya memang rimbun dangan ulat dan predator. Jadi, Anda memang harus paripurna menjaganya.

Baca Juga: Kisah 5 Bintang Film Porno yang Banting Setir Jadi Broker Properti

Melotot jangan sampai ketiduran. Farming adalah bentuk kesabaran dan keyakinan bahwa setiap usaha baik, pintar dan yakin, buahnya akan kita tuai sendiri.

Kunci loyalitas konsumen adalah gabungan antara listing berkualitas dan sales personal capacity yang tinggi. Baik doang tanpa properti yang bagus, hanya bikin konsumen kabur juga. Properti bagus, tapi Anda tidak respek, juga bikin konsumen bilang bye-bye.

Baca Juga: Tips Pemasaran Properti Secara Online Dari Pakarnya

Farming itu on going activity. Tidak pernah stop. Jika konsumen sudah beli, jaga hubungan. Siapa tahu tiga tahun lagi ingin jual atau justru beli lagi.

Investor tidak menunggu tiga tahun kalau mau membeli lagi, maka sebetulnya Anda cukup intensif dengan 30 investor saja.

Tiap investor beli sebulan sekali, maka Anda closing tiap hari. Makanya, belajar ilmu Farming.

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda