Tips Bagi-bagi Komisi Agar Agen Properti Tak “Berkelahi”

Di dunia properti, kawan seiring yang wira-wiri cari listing, bertemu klien dan PK adalah pekerjaan paling asyik. Yang nggak asyik adalah saat berbagi komisi.

agen - broker - properti - komisi - jual rumah - rumahhokie - dok
Foto: Diolah dari Pixabay.com

RumahHokie.com – Ada sepenggal puisi dalam lakon “Romeo and Juliet” karya sastrawan Inggris William Shakespeare: “parting is such sweet sorrow, that I shall say goodnight till it be morrow (perpisahan adalah kesedihan yang indah, mengantarku menyapa selamat berpisah dan sampai jumpa besok).

Berpisah dengan kawan seiring saat cari duit memang berat. Ketika porsi pembagian kerja mulai tidak seimbang, maka persahabatan tidak lagi bagai kepompong yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu.

Baca Juga: Tips Agen Properti: Ilmu Farming dan Konsumen Loyal

Bubar karena “kerjasama” berubah “yang satu kerja, lainnya menyamakan”. Yang pontang-panting cuma aku, lha kamu hanya terima telepon. Komisi bagi dua. Nah, ketika urusan rezeki susah diperdebatkan, maka kawan sejati tinggal kenangan.

Sejatinya, di dunia properti, kawan seiring yang wira-wiri cari listing, bertemu klien dan PK (product knowledge) bareng adalah kerjaan paling asyik. Yang nggak asyik kan saat bagi komisi.

Baca Juga: Kisah 5 Bintang Film Porno yang Banting Setir Jadi Broker Properti

Rasa tidak adil dan setan pun ikut campur. Padahal yang “kerjanya cuma angkat-angkat telepon” itu ya bakatnya memang di sana dengan andil yang nggak kalah kecil dengan mitranya yang pontang-panting naik turun motor.

Anda mengukur produktivitas dari gerak fisik, padahal kerja yang pakai akal tidak kalah penting, dibanding yang pakai okol. Maka hargai partner Anda karena dia mengisi kekurangan yang Anda punya.

Sepakati di depan, siapa mengerjakan apa dan bagaimana commission split-nya. Romi dan Juleha tidak pernah terpisah. Romi jadi bintang sinetron dan Juleha jualan sambel. Mereka rukun. Dan Romi tahu, kalau macam-macam, mukanya dibedakin cabe ulek. Juleha, kamu kok gitu sih!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda