Tips Bersihkan Rumah Pasca Terendam Banjir di Awal Tahun 2020

Air banjir yang masuk hingga kedalam rumah akan berdampak meninggalkan endapan lumpur serta berbagai kuman dan bakteri ketika genangan sudah surut.

banjir jakarta, banjir bekasi, banjir 2020, Tips Membersihkan Rumah Pasca Tergenang Banjir
Intensitas hujan di awal tahun 2020 yang tinggi, membuat sejumlah perumahan di kawasan Jakarta, Tangerang dan Bekasi mengalami kebanjiran. (Foto: Rooang)

RumahHokie.com (Jakarta) – Intensitas curah hujan tinggi di awal tahun 2020, membuat sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang serta Bekasi (Jabodetabek), terendam banjir. Tidak saja jalan-jalan yang terendam, banjir pun masuk hingga ke dalam rumah warga.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat 169 titik banjir di Jabodetabek. Wilayah yang paling banyak terdampak adalah Kota Bekasi dan Jakarta Selatan.

“Ada 97 titik banjir yang ditemukan di Jawa Barat dan 63 titik di DKI Jakarta. Sisanya berada di Banten,” terang Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo, seperti dikutip dari Detiknews, Kamis (02/01/2020).

Baca Juga: Pastikan 5 Bagian Rumah Ini Aman Saat Musim Hujan Datang

Luapan air banjir awal tahun 2020 yang masuk hingga kedalam rumah akan berdampak meninggalkan endapan lumpur serta berbagai kuman dan bakteri ketika genangan sudah surut.

Oleh karena itu, ruangan-ruangan yang tergenang banjir harus segera dibersihkan sebelum lumpur menjadi kering. Berikut ini tips bersihkan rumah pasca terendam banjir.

Bersihkan lumpur
Ketika air banjir di dalam rumah sudah surut hingga sekitar setinggi 5cm, segeralah membersihkan lumpur di lantai hunian dengan menggunakan sekop karet atau sapu ijuk.

Baca Juga: Waspada Saat Musim Hujan, Ini Tips Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

Agar maksimal, pindahkan terlebih dahulu perabot furnitur ketempat yang lebih tinggi, sehingga Hokie People dapat membersihkan bekas banjir di seluruh area ruangan dengan maksimal.

Bilas dengan air bersih
Setelah endapan lumpur banjir hilang dari ruangan, langkah selanjutnya bilaslah lantai ruangan dengan air bersih.

Gunakan selang air bertekanan cukup tinggi untuk meluruhkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal di lantai maupun furnitur yang terendam air banjir. Pakailah sikat lantai dan sekop karet untuk membersihkan genangan air yang tertinggal di dalam ruangan.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, Yuk Panen Air Hujan di Rumah!

Gunakan cairan pembersih disinfektan
Air banjir mengandung berbagai kuman dan bakteri yang dapat menganggu kesehatan anggota keluarga.

Oleh karena itu ketika membersihkan rumah dari banjir, gunakan cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan, sehingga ruangan benar-benar bersih dari kuman.

Bersihkan perabotan interior
Apabila lantai ruangan sudah bersih, langkah selanjutnya untuk merapikan hunian yang terendam banjir yakni, dengan membersihkan perabot furnitur yang masih bisa digunakan.

Untuk perabotan interior berbahan kain seperti keset, gorden, taplak, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan larutan deterjen dan air panas, agar bakteri tak menempel.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda