Tips Buat Anda yang Punya Resolusi Beli Rumah di Tahun Baru

Membeli rumah terkait erat dengan pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) kepada pihak perbankan. Agar keuangan Hokie People sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

ilustrasi-tips-membeli-rumah-rumahhokie-dok
Ilustrasi Membeli Rumah (Foto: Dok. RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apakah Hokie People memiliki resolusi untuk membeli rumah tahun ini? Tentu saja itu bukan hal mustahil, asal rencananya dipikirkan masak-masak.

Membeli rumah akan terkait erat dengan kredit pemilikan rumah (KPR) yang diberikan bank. Berikut ini beberapa kiat yang bisa membantu merealisasikan resolusi Anda memiliki hunian.

Baca Juga: Cara Aman Membeli Rumah Tanpa Masalah Bagi Konsumen Pemula

Jangan Pindah Pekerjaan
Riwayat pekerjaan dan jumlah penghasilan adalah dua faktor terbesar yang dilihat bank ketika menyeleksi aplikasi pengajuan KPR. Memiliki pekerjaan baru mungkin merupakan langkah yang baik dalam karier, tetapi jika Hokie People berencana membeli rumah di tahun ini, hal itu perlu dipertimbangkan kembali.

Pasalnya, pindah ke perusahaan baru menjadi nilai minus bagi penilaian aplikasi KPR yang akan diajukan, karena status karyawan tetap yang sudah digenggam di perusahaan lama biasanya akan berganti menjadi karyawan kontrak di perusahaan baru, meski gaji yang didapat lebih besar.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Penilaian bank bisa lebih “buruk” bila Hokie People pindah ke perusahaan yang bergerak di industri yang berbeda dari perusahaan sebelumnya.

Riwayat pekerjaan yang mapan dalam dua tahun terakhir bisa dibilang cukup ideal dan membantu pihak bank memperkirakan pendapatan Anda di masa depan dengan lebih mudah.

Batasi Pengeluaran Bulanan
Menikmati beragam servis dan langganan yang dibayar bulanan memang membuat hidup nyaman, tetapi hal itu bisa menggerus tabungan Anda—yang tentu akan memengaruhi laporan rekening koran.

Baca Juga: Pembeli Rumah yang Cerdas Memerhatikan Tiga Hal Ini

Jika Hokie People memiliki rencana untuk membeli rumah tahun ini, cobalah untuk menahan diri dan mengurangi berlangganan barang atau servis bulanan seminimal mungkin.

Buat Jejak Kredit yang Solid
Salah satu hal utama yang akan dipertimbangkan pengucur KPR adalah sejarah kredit Anda. Bank sebagai pemberi kredit lebih suka debitur yang terbukti mampu melunasi tagihan kartu kredit dan utang lainnya tepat waktu—karena dinilai bertanggung jawab dan menyebabkan risiko minimal bagi bank.

Sebaliknya, jika Hokie People tidak punya sejarah mengambil kredit, mendapatkan KPR bisa jadi lebih menantang dan memakan waktu, tetapi bukan hal yang tidak mungkin.

Baca Juga: Ini Dia Rumah Subsidi di Kawasan Bekasi, Tangerang, dan Bogor

Catatan pembayaran sewa dan utilitas yang tepat waktu, atau tagihan telepon seluler pun dapat menjadi indikasi bagi bank bahwa Anda mampu mengelola keuangan.

Hindari Belanja Dalam Jumlah Besar
Sebelum membeli rumah, hindari berbelanja dalam jumlah besar, seperti membeli mobil atau plesiran—apalagi dengan cara berutang (mencicil). Rasio utang terhadap pendapatan dapat secara signifikan memengaruhi penilaian bank. Menjaga agar utang tetap minimum dapat membantu memperlancar proses pengajuan KPR Anda.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda