Tips dan Trick Merawat Vacuum Cleaner dengan Mudahnya

Para pengguna kerap kali melewatkan sesi perawatan dan pembersihan dari vacuum cleaner pasca penggunaannya. Hal itu akan berdampak pada tidak optimalnya kinerja alat tersebut.

tips membersihkan vacuum cleaner, vacuum cleaner di rumah
Ilustrasi membersihkan vacuum cleaner. (Foto: Google)

RumahHokie.com (Jakarta) – Disaat membersihkan rumah, vacuum cleaner menjadi alat yang membantu Anda menghilangkan kotoran debu halus yang menempel di permukaan sofa maupun karpet kesayangan.

Saat ini vacuum cleaner atau alat penyedot debu telah dilengkapi beragam fitur teknologi yang semakin memudahkan para penggunanya ketika melakukan aktivitas bersih-bersih di dalam rumah.

Meski demikian, ada kalanya para pengguna kerap kali melewatkan sesi perawatan dan pembersihan dari vacuum cleaner pasca penggunaannya.

Baca Juga: Berteknologi Nirkabel, Samsung Kenalkan Vacuum Cleaner Powerstick Pro

Hal itu, tentu akan berdampak pada tidak optimalnya kinerja alat penyedot debu, bahkan lambat-laun akan menyebabkan vacuum cleaner menjadi mudah rusak.

Lantas, bagaimana cara merawat vacuum cleaner yang benar? Simak tips dan trick yang kami lansir dari berbagai sumber ini.

Gunakan nozzle yang sesuai
Biasanya, dalam setiap kemasan vacuum cleaner tersedia berbagai jenis nozzle (aksesoris untuk dipasang di ujung selang) yang memiliki fungsinya masing masing.

Baca Juga: Waspadai Keberadaan Tungau di Kasur, Ini Langkah Pencegahannya!

Untuk hasil penyedotan debu maksimal, gunakanlah jenis nozzle vacuum cleaner yang sesuai kebutuhan. Jenis crevice nozzle yang berbentuk pipih, digunakan untuk mengisap debu pada sela-sela sofa dan sudut sempit lainnya.

Sedangkan jenis nozzle dusting brush yang berbentuk sikat, dipakai untuk membersihkan debu yang menempel di kawat nyamuk, gorden dan permukaan sofa. Kemudian, terdapat pula floor tool yang bentuknya lebar digunakan untuk lantai dan karpet.

Hindari menghisap benda-benda padat
Memang gunanya vacuum cleaner adalah untuk menyedot kotoran. Namun, bukan berarti semua jenis kotoran, terutama benda dapat seperti batu-batuan dan kerikil bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Baca Juga: Usung Konsep Penyedot Debu Tanpa Kabel, Sharp Kenalkan Cordless Vacuum Cleaner

Membersihkan sampah benda padat dengan menggunakan alat ini membuat kualitas penyedot debu berkurang, karena adanya gesekan-gesekan benda padat yang masuk ke dalam mesin. Hal ini lama-lama akan merusak perangkat home appliances tersebut.

Ganti kantong debu secara berkala
Kantong debu memiliki kapasitasnya tersendiri yang tertera di kemasan vacuum cleaner. Ketika kantong ini sudah penuh, Anda harus membuangnya dan mengganti dengan kantong debu yang baru.

Biasanya kantong debu tidak bisa dicuci karena memiliki pori-pori halus yang berfungsi untuk menyaring debu halus. Kantong debu awet untuk penggunaan hingga enam bulan.

Lepaskan seluruh bagian ketika tidak dipakai
Apabila vacuum cleaner selesai digunakan, simpanlah di dalam tempat yang bersih,
kering dan tertutup. Agar lebih awet, trick nya adalah lepaskan seluruh bagian vacuum cleaner, seperti hose (selang) dan nozzle.

Jangan lupa pula untuk menggulung kabel dengan rapi dan ikat dengan karet agar tidak terjuntai ke mana-mana.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda