Tips dan Trik Memilih Exhaust Fan Dapur Secara Cermat

Dengan menggunakan exhaust fan dapur, asap hasil masakan akan disedot keluar, serta membantu pemilik hunian mengatur pasokan sirkulasi udara segar untuk masuk ke dalam ruangan.

Cara memilih exhaust fan dapur, exhaust fan
Ilustrasi penggunaan exhaust fan di dapur. (Foto: Interiordesign)

RumahHokie.com (Jakarta) – Menghadirkan sirkulasi udara segar di dalam ruangan merupakan hal yang penting demi mendapatkan rumah sehat dan nyaman. Terlebih lagi, pada area dapur yang sering terpapar asap hasil kegiatan memasak.

Salah satu cara untuk mendapatkan sirkulasi udara segar adalah dengan mengaplikasikan exhaust fan di area dapur.

Dengan menggunakan exhaust fan dapur, asap hasil masakan akan disedot keluar, serta membantu pemilik hunian mengatur pasokan sirkulasi udara segar untuk masuk ke dalam ruangan.

Baca Juga: Kurangi Kelembapan Ruangan yang Terlalu Tinggi dengan Tips Berikut Ini

Kini di pasaran banyak beredar beragam jenis ukuran maupun model dari penghisap udara tersebut yang bisa dipilih.

Lalu, bagaimana tips dan trik memilih exhaust fan untuk area dapur yang sesuai kebutuhan, Hokie People? Simak pembahasannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Pilih ukuran exhaust fan yang tepat
Exhaust fan memiliki ukuran diameter yang beragam. Mulai dari 8 inch hingga 12 inch Umumnya, pemilihan ukuran ini disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Contohnya, bila ruangan dapur memiliki ukuran 4 meter persegi, maka idealnya menggunakan exhaust fan dengan diameter 8 inch.

Baca Juga: Cara Menata Dapur dan Ruang Makan Dalam Satu Area

Sedangkan, jika ruangan dapur berukuran 8 meter persegi, maka disarankan mengaplikasikan exhaust fan berdiameter 10 inch.

Perhatikan penempatan exhaust fan
Untuk memaksimalkan perannya dalam menyedot udara kotor, maka perhatikanlah lokasi penempatan dari exhaust fan dapur.

Hokie People dapat memilih ragam variasi perangkat elektronik tersebut berdasarkan kebutuhan dan ketersedian ruang. Anda bisa memasangnya di bagian plafon rumah.

Dengan bantuan pipa penyalur udara khusus atau Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR), udara kotor bisa dialirkan keluar ruangan melalui loteng rumah.

Baca Juga: Chef Rinrin Marinka: Suka Desain Dapur yang Natural

Selain itu, ada pula model exhaust fan dapur yang dipasang pada bagian dinding. Penyedot udara jenis ini tak memerlukan saluran pipa khusus. Akan tetapi pastikan dinding dapur Anda berhadapan langsung dengan area terbuka di luar ruangan, agar sirkulasi udara bisa berjalan secara optimal.

Gabungkan dengan penggunaan cooker hood
Untuk memaksimalkan dalam menyedot asap masakan dan menghadirkan sirkulasi udara segar, cobalah gabungkan exhaust fan dinding dengan cooker hood yang bisa dipasangkan pada kitchen set.

Selain bisa menyedot udara kotor, cara ini akan memberikan estetika interior area dapur rumah menjdi indah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda