Tips Feng Shui: Mengatur Posisi Kolam Renang di Rumah

Penggunaan unsur Air di dalam feng shui rumah harus dilakukan dengan hati-hati. Jika salah perhitungan, bisa membawa akibat buruk.

Tips Feng Shui: Mengatur Posisi Kolam Renang di Rumah
Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Penggunaan unsur Air dalam feng shui selalu mendapat sambutan positif, termasuk dalam rumah tinggal.

Kendati demikian, banyak orang ragu-ragu membuat kolam renang (swimming pool) di rumah baru mereka. Pasalnya, banyak orang mengatakan penggunaan unsur Air di dalam feng shui rumah harus dilakukan dengan hati-hati. Jika salah perhitungan, bisa membawa akibat buruk.

Air memiliki dua sifat: bergerak dan diam. Air diam merupakan unsur dimana Qi (Chi) berhenti; sementara Air bergerak merupakan pemicu terhadap Qi yang ada di daerah itu.

Dalam Metode Fei Xing (bintang bergerak), dimana ada Bintang Air (Water Star) yang baik seperti bintang *8, bintang*1, bintang *6, maka di lokasi tersebut bagus jika diletakkan kolam renang.

Sebaliknya, untuk bangunan dengan sektor dimana terdapat Bintang Gunung (Mountain Star) yang baik, sebaiknya di sana didapatkan bukit, gunung, atau bangunan yang tinggi (lihat gambar berikut).

feng shui kolam renang 1-rumahhokie-dok

Alasan Memiliki Kolam Renang Pribadi
Kebutuhan akan kolam renang ada beragam: ada yang bermaksud untuk mengutamakan gengsi. Dalam kasus ini, kolam renang menjadi “show case” bagi tamu yang datang ke rumahnya.

Kedua, kolam renang dapat digunakan untuk rekreasi keluarga. Ketiga, kolam renang merupakan unsur landsekap yang bermanfaat untuk menambah keindahan/estetika rumah.

Alasan keempat, untuk kesehatan. Banyak orang mengatakan berenang merupakan salah satu jalan terapi terhadap penyakitnya tertentu yang tidak kunjung sembuh.

Beberapa orang mungkin memiliki bekas luka atau parut di kulit yang tidak enak jika dipandang saat ia berenang, sehingga memerlukan kolam renang pribadi.

Mengatur Posisi Kolam Renang
Jika tanah kavling yang dimiliki cukup luas, maka tidak sulit mengatur posisi kolam renang. Akan tetapi, jika tanah tidak begitu luas, maka tidak mudah meletakkan kolam renang pada lahan tersebut.

Jika tidak mungkin meletakkan kolam renang pada ground level (di atas tanah), maka tak ada pilihan lain, kolam renang harus diletakkan di lantai kedua atau ketiga.

Berikut ini contoh desain rumah dengan kolam renang pada lahan yang relatif kecil.

feng shui kolam renang 2

Lantaran kebutuhan kolam renang mendesak, maka kolam diletakkan pada lantai atas. Penempatan kolam harus tetap pada sektor dimana didapati Bintang Air (Water Star) yang baik.

Pada contoh desain rumah ini, Bintang Air (Water Star) yang baik didapatkan pada bagian depan rumah, yang kebetulan merupakan sektor yang juga baik (auspicius) bagi pasangan suami-isteri pemilik rumah (menurut metode Ba Zhai).

feng shui kolam renang 3

Kolam renang pada desain rumah ini tidak mungkin tidak diletakkan pada lantai atas, di sebelah kamar tidur bagi pasangan pemilik rumah tersebut.

Kolam renang terlihat dari jendela kamar tidur utama. Meski demikian, kolam dapat diakses dari dalam rumah untuk kepentingan bersama dengan penghuni lain, misalnya anak-anak.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda