Tips Feng Shui: Menghadirkan Unsur Tanah dalam Interior Rumah

Mantan PM Singapura, Lee Kwan Yew memiliki unsur dominan Air dan Logam. Sementara Tanah yang diperlukan untuk membendung Air tidak mencukupi.

Tips Feng Shui: Menghadirkan Unsur Tanah dalam Interior Rumah

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Interior bernuansa Kayu dan Api sudah dibahas di artikel sebelumnya, kali ini kita kupas interior bernuansa Tanah.

Lantas, siapa orang yang memerlukan interior dengan energi Tanah ini? Dan bagaimana perwujudan dari interior bernuansa Tanah?

Terlebih dahulu kita perlu ketahui siapa yang memerlukan interior bernuansa Tanah? Dalam feng shui, Tanah berperan untuk tiga hal: berfungsi membendung Air (seperti dam). Artinya, individu yang memiliki Pilar Kelahiran dengan jumlah Air sangat berlebihan, akan memerlukan interior yang bernuansa Tanah.

Kedua, Tanah berfungsi untuk meredakan Api. Banyak orang tidak menyadari bahwa Tanah bisa dipergunakan untuk memadamkan Api. Artinya, individu dengan Pilar Kelahiran yang didominasi Api, tetapi tidak memiliki unsur Tanah, maka ia memerlukan unsur Tanah tersebut.

Sebenarnya kita bisa berpikir secara logis, bahwa Tanah memberi hidup pada tanaman (Kayu) asal ada cukup Air, Api (sinar matahari), dan Logam (partikel dalam Tanah).

Pilar Kelahiran Lee Kwan Yew
pilar kelahiran lee kwan yew - feng shui
Pada artikel yang lalu, juga sudah ditunjukkan bahwa seseorang yang kebanyakan unsur Kayu, tetapi tidak cukup ada Tanah akan memerlukan unsur Tanah (jika tidak, Kayu akan hidup berdesak-desakan di atas Tanah yang sempit).

Untuk bisa lebih menangkap maksud maksud tersebut, simak contoh kasus berikut ini:

Pilar Kelahiran untuk 16 September 1923 jam 06:00 pagi ini milik Mantan PM Singapura, Lee Kwan Yew, terlihat unsur yang paling dominan adalah Air dan Logam. Tanah  yang diperlukan untuk membendung Air yang berlebihan tidak mencukupi. Apalagi Chen Naga adalah “gudangnya Air”, sehingga Air berlebihan.

Di sisi lain, Logam menghasilkan Air, sedangkan Chen Naga dengan You Ayam berkombinasi menjadi Logam; maka sifat Tanah dari Chen Naga hilang; sehingga tidak diragukan Tanah merupakan elemen paling penting, untuk membendung Air yang berlebihan.

Konon, “Uncle Lee” meninggal karena pneumonia atau paru-paru basah. Dengan mengamati diagram BaZi beliau, terlihat unsur Logam (paru-paru) ini “dikepung” Air.

Menghadirkan Unsur Tanah
lantai marmer - keramik china - feng shui - rumahhokie - dok2
Dalam hal seperti kasus Lee Kwan Yew, maka rumah dengan nuansa Tanah diperlukan. Nuansa/aura Tanah dapat ditimbulkan dengan cara-cara sebagai berikut:

Pertama: dalam arti harafiah, dengan menempatkan pada ruangan yang  memiliki unsur ‘Tanah’ bangunan dan konstruksinya banyak menggunakan unsur dari Tanah, seperti keramik, marmer, granit.

Memang sebagian besar bangunan rumah di Indonesia menggunakan bahan-bahan tersebut. Itu sebabnya secara keseluruhan bangunan itu berunsur Tanah.

Kedua: menggunakan “warna-warna Tanah”, yaitu kuning, cokelat, cream, dan beige.

Ketiga: Unsur dekorasi interior maupun eksterior menggunakan bahan terbuat dari Tanah, seperti keramik China dan lukisan gunung, padang pasir, atau sawah.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda