Tips Feng Shui: Menghindari Sudut Runcing dalam Ruangan

Sudut-sudut runcing yang ‘menusuk’ ruangan ini kurang menguntungkan. Itu sebabnya bentuk bangunan sederhana lebih baik menurut aturan feng shui.

Tips Feng Shui: Menghindari Sudut Runcing dalam Ruangan
Sudut runcing di interior rumah (Foto: Decoist.com)

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Sebuah rencana arsitektur bagi arsitek dan desainer interior tidak terlepas dari bentuk dan estetika massa bangunan.

Tidak jarang arsitek berupaya menciptakan estetika massa bangunan dengan membentuk lekukan-lekukan pada dinding.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Chi Jelek (Sha Chi) dari Dalam Rumah

Dengan demikian, ruangan tidak lagi berbentuk empat persegi panjang sederhana, melainkan memiliki sudut-sudut tembok berbentuk siku dan menonjol. Akibatnya, tercipta sudut-sudut runcing yang ‘menusuk’ ke dalam ruangan.

Gambar Denah menunjukkan contoh ancaman sudut runcing dalam ruangan.
Gambar Denah menunjukkan contoh ancaman sudut runcing dalam ruangan.

Hal serupa juga bisa terjadi apabila bangunan memiliki pilar tembok yang relatif besar, sehingga dinding dalam ruangan ‘tidak bersih’ melainkan memiliki tonjolan-tonjolan yang mengganggu Chi ruangan.

Dalam perhitungan feng shui, sudut-sudut runcing yang ‘menusuk’ ruangan ini kurang menguntungkan. Itu sebabnya secara prinsip, feng shui mengatakan bentuk bangunan ‘sederhana’ lebih baik feng shui-nya.

Hal ini tentu akan mengganggu para arsitek yang menghendaki bangunannya lebih indah apabila ada permainan bidang dan ruang. Di sinilah salah satu aspek permasalahan desain (interior maupun arsitektur) yang perlu dicari pemecahannya.

Masalah sudut runcing dalam ruangan akan mengganggu energi Chi yang mengalir ke dalam ruangan. Kualitas Chi dalam ruangan menjadi ‘rusak’. Oleh karena itu, secara prinsip, cara mengatasi hal ini adalah dengan mereduksi atau mengurangi ‘ancaman’ sudut runcing dalam ruangan.

Cara Mengatasi Sudut Runcing dalam Ruangan

Sudut runcing pada dinding rumah
Sudut runcing pada dinding rumah

Contoh di atas memperlihatkan ancaman sudut runcing dalam kamar tidur. Untuk menghilangkan pengaruh runcingnya tembok yang menyiku ini dapat dilakukan beberapa hal:

1. Memakai Cermin
Gunakan cermin pada sudut runcing. Ukuran cermin yang relatif besar bisa menghilangkan kesan runcingnya tembok. Dalam contoh di atas kebetulan terjadi pada kamar tidur, maka cermin dapat digunakan sebagai kaca rias.

Baca Juga:Tips Peletakan Cermin di Rumah Menurut Feng Shui

2. Bentuk Lengkung
Bila dinding siku yang membentuk sudut runcing tersebut mengganggu pandangan secara visual, bisa dinetralisir dengan memberikan bentuk lengkungan pada sudut yang menusuk.

3. Ditutup Tanaman
Cara yang paling sederhana adalah dengan menutupi tembok runcing itu dengan tanaman berdiri pada ‘pot’. Carilah tanaman yang agak tinggi, sehingga dapat menutupi sebagian dindingnya.

Energi Baik atau Buruk?
Dalam perhitungan Fei Xing (metode Bintang Bergerak), apabila pojok ruangan memiliki sudut runcing, maka harus diperhatikan lebih dahulu, apakan energi yang bekerja di situ baik atau buruk.

Apabila energi baik, maka tiga macam alternatif pemecahan di atas dapat digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari energi positif (Sheng Chi) rusak dan menjadi energi negatif (Sha Chi) yang berada dalam ruangan.

Bagaimana caranya kita tahu apakah cara yang digunakan untuk mengatasi sudut runcing ini berhasil?  Ada baiknya dicermati secara seksama, apakah terjadi perubahan pada peruntungan penghuni rumah—terutama penghuni yang merasa sering ‘sial’ tinggal di rumah itu. Jika terjadi perubahan, maka metode yang digunakan merupakan cara yang tepat.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda