Tips Feng Shui untuk Mendekorasi Kamar Bayi Anda

Tujuannya, agar aliran energi di kamar tersebut lebih baik, dapat membantu bayi tidur lelap serta bertumbuh secara alamiah, baik fisik maupun mental.

Foto: Pixabay.com

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Kamar bayi umumnya memiliki letak dan desain khusus agar sang buah hati merasa nyaman. Ditilik dari sisi feng shui, kamar bayi pun harus diatur sedemikian rupa.

Tujuannya, agar aliran energi di kamar tersebut lebih baik, dapat membantu bayi tidur lelap serta bertumbuh secara alamiah, baik fisik maupun mental.

Untuk memaksimalkan kamar tidur bayi diperlukan delapan langkah:

Aliran Chi
Untuk mendapatkan aliran Chi, buka jendela kamar secukupnya setiap hari. Maksudnya, agar aliran udara dari luar bisa mengalir masuk dan tidak terhenti di ruangan ini.

Baca Juga: Tips Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Ranjang Bayi
Untuk menempatkan posisi ranjang bayi di dalam kamar, yang sangat penting diperhatikan arah kepalanya: harus ada dinding yang kuat untuk bersandar. Jangan sampai posisi ranjang untuk kepala bayi bersandar pada jendela.

Ranjang bayi tidak baik jika segaris dengan pintu masuk. Kepala ranjang jangan bersandar pada dinding kamar mandi/WC atau dinding yang dimiliki jaringan pipa elektrik dan mekanik (pipa air bersih, pipa air kotor, pipa saluran kotoran).

Warna Dinding
Sebelum lahir, bayi hanya melihat warna gelap dan terang dalam kandungan, dan saat baru lahir bayi sebaiknya diberi warna-warna lembut.

Menurut skema alamiah, warna hijau muda dan biru merupakan warna untuk pertumbuhan (warna berunsur kayu). Sebaliknya, warna yang lebih cocok dalam perhitungan Feng Shui tingkat lanjut perlu memerhatikan Ba Zi anak yang bersangkutan.

Sudut Ruangan
Unsur yang bisa membuat sudut runcing, bersifat mengancam dan merusak Chi di dalam ruangan. Sudut runcing ini bisa datang dari tembok dan perabot (lemari, meja). Perhatikan arah runcing itu sedapat mungkin tidak ‘menusuk’ ranjang bayi.

Bentuk, Simbol, dan Gambar
Meletakkan gambar-gambar dan simbol harus yang selaras dengan sifat dan karakter bayi. Gambar binatang seperti harimau dan singa kurang baik bagi bayi. Demikian pula tumbuhan berduri, lukisan jurang, dan semacamnya, sebaiknya dijauhkan dari bayi.

Memurnikan Ruangan
Ruangan yang baru saja dipergunakan oleh orang dewasa, atau sama sekali tidak pernah dipergunakan, masih merupakan ruangan yang “kotor”. Karena itu perlu dilakukan “pembersihan” atau “pemurnian” terlebih dahulu. Hal ini bertujuan adalah agar ruangan menjadi suci (purified), siap untuk bayi.

Caranya, kosongkan ruangan terlebih dahulu, kemudian sapu dan pel lantainya. Biarkan ruangan kering selama 2-3 hari dengan membuka pintu dan jendela.

Sebelum perabotan dimasukkan, bunyikan mangkok terbuat dari tembaga di ruangan, sehingga energi negatif bisa keluar semuanya. Barulah ruang siap untuk bayi.

Mangkok terbuat dari kuningan atau tembaga untuk keperluan ‘space clearing’. Suara yang keluar dari pukulan pada mangkok akan menggema ke seluruh ruangan, karena itu alat ini disebut ‘singing bowl’ (mangkok bernyanyi).

Linen
Linen bukan saja dapat menyerap debu, tetapi juga sinar matahari yang masuk. Gunakan linen yang lembut dan halus terbuat dari kain yang cocok untuk bayi.

Bahan-bahan linen yang terlalu kaku, seperti bahan jeans memancarkan pengaruh kurang baik bagi bayi. Material linen yang lembut diperlukan di dalam kamar bayi, tetapi linen yang kasar, kaku, dan keras sebaiknya tidak berada di dalam kamar bayi.

EMF (Frekuensi Elektro Magnet)
Jauhkan benda-benda elektronik yang memancarkan gelombang elektro magnet dari ranjang bayi Anda.

Benda-benda seperti televisi, sound system, komputer, DVD/VCD Player, dan sebagainya memancarkan gelombang magnet berbahaya bagi kesehatan bayi. Jika terpaksa, letakkan setidaknya sejauh 1,5 meter dari ranjang bayi.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda