Tips Jadi Broker Properti Sukses di Era Digital (Bagian 2)

Kedatangan era property technology (proptech) diprediksi akan membawa dampak terhadap peranan tenaga manusia sebagai perantara jual-beli aset investasi, dalam hal ini profesi broker properti.

Broker Properti, Agen Properti, 9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital
Buku 9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kemajuan dunia digital yang saat ini terjadi memberi pengaruh terhadap berbagai lini industri, khususnya untuk bidang properti.

Kedatangan era property technology (proptech) diprediksi akan membawa dampak terhadap peranan tenaga manusia sebagai perantara jual-beli aset investasi, dalam hal ini profesi broker properti.

Perkembangan zaman memang sebuah keniscayaan. Meskipun demikian, apabila para broker properti mengetahui secara jelas sejauh mana peran penjual dapat digantikan oleh teknologi, mereka bisa mengantisipasinya.

Selain itu, mungkin saja ada kesempatan besar yang hadir dengan kemajuan teknologi ini.

Baca Juga: Tips Jadi Broker Properti Sukses di Era Digital (Bagian 1)

Mengutip dari buku ‘9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital’ karya Adi Putera Widjaja, bahwa profesi agen properti membutuhkan upgrade pengetahuan dan keterampilan secara berkala, serta terus-menerus membangun jaringan.

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas tiga poin dari buku karya Adi Putera Widjaja yang harus dimiliki oleh broker properti jika ingin bertahan dalam terpaan era digital. Simak kelanjutan tips-nya berikut ini.

4. Punya Keahlian
Seorang agen properti yang baik dinilai tidak semata-mata karena pengetahuan yang dia miliki saja, akan tetapi juga melibatkan keahlian serta sikap dirinya terhadap bidang usaha yang ditekuni.

“Salah satu faktor yang membuat orang menjadi kaya atau miskin itu karena keahliannya,” ucap Adi beberapa waktu lalu dalam diskusi buku tersebut.

Baca Juga: Pentingkah Penampilan dan Gaya Berbusana Bagi Broker Properti?

Menurut dirinya, agar para marketing sales properti melakukan transformasi dari pengetahuan menjadi keahlian, tidak hanya di dapat dengan rajin menghadir kelas saja. Akan tetapi juga harus memperhatikan para pengajar, pelatih dan juga mentor dalam bidang properti.

5. Memiliki Formula Sukses yang Benar
Berdasarkan buku terbitan PT Elex Media Komputindo tersebut, dalam menjalani bisnis sebagai seorang konsultan properti, Anda perlu mengetahui formula keberhasilan yang benar.

Baca Juga: Ketua AREBI Tekankan Pentingnya Sertifikasi dan Etika Broker Properti

“Saran saya carilah formula yang benar untuk menjadi broker properti yang sukses dan kaya. Artinya, apabila formula ini dijalankan hasilnya kurang lebih akan sama. Hal yang sering terjadi adalah banyak orang yang menjadikan kebetulan sebagai kebenaran hidup,” jelas Adi.

6. Mengatasi Hambatan
Kemajuan teknologi yang semakin cepat memiliki sisi peningkatan produktivitas maupun sisi kontraproduktif. Salah satunya adalah memunculkan sebuah penyakit bernama technophobia, karena ketakutan pada kecanggihan teknologi.

“Banyak broker yang tidak sukses bukan mereka tidak pintar. Akan tetapi, karena rasa
ketakutan . Sikapilah kemajuan teknologi sebagai jalan keluar dari zona nyaman,” kata Adi.

(Bersambung)

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda