Tips Jadi Broker Properti Sukses di Era Digital (Bagian 3)

Timbulnya konsep revolusi industri 4.0 yang lahir dari majunya teknologi ini akan menghantarkan profesi broker properti dan dunia jual-beli aset investasi ketahap baru.

Tips Jadi Brokoker Properti di Era digital, Agen Properti-RumahHokie.com-istimewa
(Foto: overseaspropertysolutions)

RumahHokie.com (Jakarta) – Broker properti diprediksi menjadi profesi yang terdampak dari perkembangan teknologi saat ini. Datangnya era property technology (proptech) mengubah proses jual-beli aset investasi.

Timbulnya konsep revolusi industri 4.0 yang lahir dari majunya teknologi ini akan menghantarkan profesi broker properti dan dunia jual-beli aset investasi ketahap baru.

Bisnis jual-beli properti tak lagi berfokus pada bangunan fisik saja, akan tetapi juga berpusat pada manusia, lingkungan dan teknologi yang harus dibangun secara holistik.

Baca Juga: Tips Jadi Broker Properti Sukses di Era Digital (Bagian 1)

Mengutip dari buku ‘9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti Di Zaman Digital’ karya Adi Putera Widjaja, saat ini industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data. Hal itu dikenal pula dengan sebutan internet of things (IoT).

Oleh karena itu, terdapat sikap yang dibutuhkan oleh para agen properti, agar mereka tetap hadir dan tidak ‘terlindas’ kemajuan zaman.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas 6 poin dari buku karya Adi Putera Widjaja, berikut ini kelanjutan tips-nya.

7. Mampu Memisahkan: Pikiran atau Perasaan
Selaku broker properti yang benar, sebaiknya membantu klien untuk menggunakan pikiran dan perasaan saat membantu keputusan. Jangan justru memanfaatkan perasaan klien untuk kepentingan pribadi.

Baca Juga: Tips Jadi Broker Properti Sukses di Era Digital (Bagian 2)

“Buat apa closing secepatnya, tetapi ternyata mendapatkan masalah di belakang hari, karena klien sebenarnya tidak memiliki kesanggupan,” ujar Adi.

8. Mampu Membedakan Fakta atau Keyakinan
Pria yang dikenal pula sebagai Founder Garudapreneur itu berujar jika para konsultan properti percaya bahwa di dunia ini tidak ada yang tetap, selain perubahan itu sendiri, maka mereka akan menjadikan belajar sebagai kebiasaan untuk terus meningkatkan kapasitas  dan kemampuan dirinya.

Baca Juga: Pentingkah Penampilan dan Gaya Berbusana Bagi Broker Properti?

“Barangsiapa uang belajar dan bekerja dengan tekun, maka yang akan mendapatkan hasilnya adalah para broker sendiri,” katanya.

9. Mampu Menyadari Takdir atau Nasib
Untuk bertahan dalam kondisi perkembangan teknologi yang masif saat ini, broker properti harus menyadari dan memiliki keyakinan bahwa nasib itu dapat diperbaiki.

“Seberapa yakin Anda dapat memperbaiki nasib sendiri? Tentunya jika mereka yakin
akan dapat bertahan di era digital seperti ini,” pungkas Adi.

(Habis)

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda