Tips Membersihkan Cooker Hood Agar Kembali Kinclong

Agar cooker hood tetap berfungsi secara maksimal, bagian luar maupun dalam perangkat ini perlu dibersihkan secara rutin, minimal seminggu sekali.

Berfungsi sebagai penyedot asap dan, uap air pada saat memasak, filter cookerhood pun rentan kotor. (Foto: www.bulicafe.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki fungsi sebagai penghisap asap maupun uap air selama proses memasak, cooker hood merupakan perabot yang wajib dihadirkan pada area dapur. Dengan pemasangan alat yang berbentuk seperti cerobong asap tersebut akan membuat area dapur tidak terasa pengap akibat bau masakan.

Karena fungsinya sebagai penyedot asap, uap air serta dan kotoran lainnya di dapur, alat ini dilengkapi filter untuk menyaring udara. Bagian dalam alat penghisap asap sangatlah kotor. Anda akan menemukan tumpukan lemak hingga noda saus di dalam cooker hood.
Hal itu pasti akan mempengaruhi kinerja pada alat tersebut

Baca Juga: Cara Pintar Dalam Menata Dapur yang Kecil Agar Terkesan Luas

Oleh karenanya, agar cooker hood tetap berfungsi secara maksimal, bagian luar maupun dalam perangkat ini perlu dibersihkan secara rutin. Bersihkan cooker hood minimal sekali dalam seminggu atau setidaknya sebulan sekali.

Berikut ini tips dalam membersihkan cooker hood, agar tampil kinclong kembali.

  1. Sediakan terlebih dahulu alat-alat untuk membersihkan cooker hood, seperti air detergen, kain lap, sikat berbulu halus,.

2. Lepaskan penutup bagian bawah cooker hood. Kemudian buka penjepit filter kawat yang melekat pada bagian dalam penutup.

3. Rendam filter cooker hood larutan detergen. Kemudian gosokan dengan menggunakan sponge untuk mencuci. Apabila terdapat noda yang agak mengeras, gosoklah dengan menggunakan sikat berbulu halus. Cara tersebut dilakukan untuk menghilangkan noda minyak membandel pada filter.

Baca Juga: Ingin Tampilan Dapur Anda Lebih Memikat, Ini Dia Tipsnya

4. Setelah digosok dengan menggunakan sponge atau sikat halus, bilaslah bagian filter yang terkena air sabun hingga bersih.

5. Keringkan filter dengan cara dijemur. Setelah kering, pasang kembali filter alat penghisap asap. Kemudian, nyalakan selama beberapa menit untuk mencoba kinerjanya.

6. Untuk bagian luar cooker hood, anda dapat membersihkannya dengan kain lap basah yang telah dibubuhi sedikit air detergen, agar noda minyak mudah untuk dibersihkan.
Pastikan Anda membersihkan hingga ke sela-sela alat tersebut.

Selamat mencobanya di rumah!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda