Tips Membersihkan Lampu Hias di Ruangan Agar Kembali Berkilau

Tumpukan debu yang menempel pada lampu hias bisa mengurangi jumlah cahaya yang dapat diterima oleh ruangan, sehingga membuat penerangan dekoratif itu tidak berfungsi maksimal.

Tips Membersihkan Lampu Hias di Ruangan Agar Kembali Berkilau
(Foto: the spruce)

RumahHokie.com (Jakarta) – Penggunaan lampu hias pada berbagai ruangan mampu
memberikan tampilan yang cantik dan elegan. Kini banyak beredar produk penerangan dengan rancangan berbagai rupa yang sanggup mempermanis estetika pada interior.

Seiring dengan penggunaan sehari-hari, tentunya lampu hias akan diselimuti oleh kotoran atau debu halus. Tumpukan debu yang menempel pada lampu pun bisa mengurangi jumlah cahaya yang dapat diterima oleh ruangan, sehingga membuat lampu hias tidak berfungsi maksimal.

Jika dibiarkan menumpuk, bukan tak mungkin kotoran tersebut juga membuat lampu cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini tips membersihkan lampu hias yang bisa Anda Lakukuan dengan mudahnya di rumah.

Baca Juga: Tak Sekadar Menerangi, Ini Manfaat Lain dari Lampu Tidur di Kamar

Bersihkan dengan kemoceng
Upaya pertama yang bisa Hokie People lakukan untuk merawat lampu hias kesayangan adalah membersihkannya menggunakan alat pembersih, seperti kemoceng. Alat pembersih itu akan membuat debu lebih mudah dibersihkan.

Sedangkan untuk kotoran lain yang lebih susah dibersihkan seperti bekas kotoran cicak, gunakanlah lap kain khusus sejenis microfiber, agar tidak meninggalkan goresan pada lapisan kaca lampu.

Baca Juga: Perpaduan Bentuk Lampu Ciptakan Konsep Ruang Nan Elegan

Gunakan cairan pembersih khusus
Jika dirasa dengan hanya menggunakan kemoceng lampu belum terlihat bersih, gunakan cairan pembersih khusus kaca untuk membuat lampu berkilau.

Setelah membersihkannya, jangan lupa untuk mengelapnya kembali agar tidak meninggalkan bekas pada lampu. Selain cairan pembersih khusus kaca, Anda juga bisa menggunakan semprotan air yang sudah dicampur dengan beberapa tetes cairan pembersih piring.

Membersihkan lampu hias memang perlu ekstra hati-hati agar dapat menjangkau seluruh bagian lampu dan tidak meninggalkan bekas goresan sedikitpun. Jangan lupa menggunakan kain yang lembut.

Baca Juga: Tips Memilih Lampu Taman Secara Efisien dan Tepat

Bongkar lampu hias
Apabila ingin membersihkannya lebih detail dan menyeluruh hingga ke bagian dalam lampu, ada baiknya mencopot lampu tersebut terlebih dahulu.

Akan tetapi, sebelum membongkar matikan aliran listrik terlebih dahulu dan perhatikanlah bagian-bagian posisi lampu secara teliti. Dengan begitu, Anda dapat mudah memasangnya kembali ketika sudah selesai dibersihkan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda