Tips Membuat Ruangan di Rumah Jadi Lebih Terang

Bila Anda ingin ruangan di dalam rumah terasa lebih terang, ada beberapa trik yang dapat dilakukan, misalnya menggunakan penerangan, pemilihan warna, aksesori, dan lain-lain.

Apartemen Skandinavia-RumahHokie.com-Adhitya Putra-DSC_9732
Interior hunian mungil (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Nuansa terang di dalam sebuah ruangan, selain membawa nuansa ceria, juga memberi kesan luas. Sebaliknya, ruangan yang redup atau remang-remang, menghadirkan suasana yang muram dan sumpek.

Baca Juga: Terangi Ruangan dengan Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Bila Anda ingin ruangan di dalam rumah terasa lebih terang, ada beberapa trik yang dapat dilakukan, misalnya menggunakan penerangan, pemilihan warna, aksesori, atau cermin. Berikut beberapa tips untuk Anda, Hokie People.

Cahaya Berlapis
Membuat pencahayaan yang berlapis adalah kunci menciptakan komposisi yang seimbang. Lapisan pencahayaan pertama diletakkan di pusat kegiatan dalam ruangan.

Lapisan pencahayaan kedua adalah aksen yang menyinari daerah tertentu yang dianggap menarik, tanpa mengurangi daya tarik titik fokus. Lapisan ketiga dipergunakan sebagai cahaya ambient yang memberi nuansa bagi latar belakang ruangan.

Baca Juga: Warna Terang Ini Mampu Ciptakan Ketenangan dan Kesegaran Ruangan

Peredup lampu (dimmer) dapat digunakan untuk mengatur suasana ruang, sekaligus menghemat energi. Dimmer juga bisa membantu Anda membuat aneka kombinasi cahaya untuk beragam suasana dan efek dekoratif yang mencerahkan ruangan.

Warna Putih
Warna putih bisa menghadirkan suasana terang di dalam ruangan. Tidak perlu mewarnai seluruh dinding rumah dengan warna putih. Cukup berikan aksen putih di beberapa bagian ruangan, maka interior akan terlihat lebih cerah.

Jika ruangan berwarna putih terasa monoton, berikan sentuhan aksesori seperti karya seni, karpet, dan furnitur yang kaya warna atau pola.

Perpaduan Warna
Jika tidak bisa memiliki dinding berwarna putih, pertimbangkan memberi warna putih pada sisi dinding yang kaya warna. Kombinasi kaya warna dengan warna putih tidak hanya mencerahkan ruangan, tetapi juga memberi nuansa kontemporer.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan Pencahayaan Rumah yang Optimal

Guna menciptakan nuansa yang lebih lembut, beri dinding dengan sentuhan warna biru langit. Perpaduan warna ini akan menghadirkan nuansa outdoor ke dalam rumah.

Langit-langit
Langit-langit atau ceiling bisa menambah nuansa cerah di dalam ruangan. Menghias langit-langit dengan lukisan atau wallpaper berpola besar akan membuat ruangan terasa ceria dan stylish.

Berikan warna putih pada bingkai langit-langit untuk menambah kesan kontras. Agar ruangan berubah secara dramatis, Anda bisa memasang lampu gantung (chandelier) untuk penerangan.

Pajangan
Selain membuat ruangan lebih hidup, pajangan atau karya seni bisa membuat ruangan menjadi lebih cerah. Tambahkan dekorasi dinding dari logam dan kaca yang dapat memantulkan cahaya. Semakin besar ukuran dan semakin berwarna karya seni tersebut akan semakin baik.

Baca Juga: Begini Pengaturan Pencahayaan Berdasarkan Kebutuhan Ruang

Karya-karya seni kontemporer yang memendarkan cahaya bisa juga dipakai untuk menambahkan pencahayaan di ruang yang gelap.

Cermin
Selain dapat mempercantik dan menambah daya tarik, cermin juga bisa menghadirkan cahaya tambahan di dalam ruangan. Efek cermin yang memantulkan cahaya juga dipercaya dapat menambah kesan luas di sebuah ruangan.

Furnitur Besar
Jangan gunakan furnitur yang terlalu besar di ruangan yang kurang cahaya. Selain menjadikan ruangan lebih sempit, furnitur besar juga bisa menghalangi cahaya matahari yang masuk.

Letakkan furnitur sedemikian rupa, agar tidak menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Penggunaan furnitur bergaya minimalis perlu dipertimbangkan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda