Tips Memilih Asuransi Rumah yang Pas untuk Anda

Asuransi rumah atau properti digunakan untuk meminimalkan kerugian akibat kejadian tak terduga, seperti kebakaran, kebanjiran, bencana alam, dan lain-lain.

asuransi - rumah kebakaran - pixabay - rumahhokie - dok
Tanyakan pula kepada pihak perusahaan asuransi apa saja yang dijamin dan tidak dijamin. (Foto: Pixabay.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Asuransi rumah atau properti banyak digunakan untuk meminimalkan kerugian yang disebabkan kejadian-kejadian tak terduga, seperti kebakaran, kebanjiran, bencana alam, dan lain-lain.

Secara umum, untuk mengajukan asuransi rumah, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, yakni fotokopi KTP, fotokopi sertifikat tanah, fotokopi izin mendirikan bangunan (IMB), dan fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Baca Juga: Mau Beli Rumah Baru, Pelajari Dulu Tata Caranya

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi rumah yang tepat, berikut ini beberapa tips RumahHokie.com untuk Anda:

Kebutuhan
Sebelum menentukan pilihan, lihat dulu kebutuhan asuransi rumah Anda, apakah untuk perlindungan dari risiko kebakaran, pencurian, banjir, atau bencana alam seperti gempa bumi.

Makin banyak jenis perlindungan yang Anda inginkan, tentu premi yang harus dibayar pun lebih besar.

Kemampuan
Sebelum memutuskan sebuah produk asuransi, ada baiknya Anda menghitung kemampuan untuk membayar premi. Jangan sampai asuransi berhenti di tengah jalan, karena Anda tak sanggup membayar.

Jaminan
Tanyakan pula kepada pihak perusahaan asuransi tersebut apa saja yang dijamin dan tidak dijamin. Misalnya, asuransi kebakaran. Anda bisa tanyakan, sumber kebakaran apa yang ditanggung/tidak ditanggung asuransi, apakah lantaran listrik korslet, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan bom, atau kerusuhan?

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Perhatikan Talang Air Rumah Anda!

Nilai Pertanggungan
Hal ini biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda. Harus diingat, dana pertanggungan asuransi harus cukup untuk membangun kembali rumah Anda. Untuk itu, hitung dengan baik antara jumlah tanggungan dengan lamanya kontrak asuransi.

Proses Klaim
Anda juga perlu memahami prosedur klaim asuransi, karena tak jarang proses ini menguras waktu dan tenaga—bahkan kesabaran. Untuk itu, ada baiknya Anda bertanya secara detail mengenai prosedur klaim agar klain asuransi rumah Anda tidak ditolak.

Kemudahan proses klaim bisa Anda masukkan sebagai poin lebih saat akan mengajukan asuransi rumah.

Perbandingan
Produk asuransi rumah amat beragam, sehingga Anda perlu melakukan perbandingan, terutama terkait kebutuhan, biaya, dan manfaat yang didapat. Kenali dan bandingkan juga reputasi perusahaan asuransi.

Baca Juga: Bisa Mengapung Ketika Banjir, Lahan Parkir Ini Pas untuk Jakarta

Kendati cukup merepotkan, proses perbandingan ini dapat mempermudah Anda membuat keputusan terbaik. Dengan melakukan perbandingan secara online (daring), Anda dapat menghemat waktu.

Isi Polis
Perjanjian asuransi tertuang dalam sebuah polis yang mengatur hak dan kewajiban serta ketentuan lain terkait asuransi. Memahami isi polis akan membuat Anda terhindar dari kesulitan di kemudian hari.

Konsultasi
Untuk menambah informasi, Anda dapat bertanya dengan keluarga atau sahabat yang pernah menggunakan produk asuransi sejenis. Bisa juga Anda berkonsultasi pada para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Selain itu, forum-forum diskusi daring juga dapat menjadi pilihan untuk tempat bertanya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda