Tips Memotret Interior Hunian untuk Bantu Penjualan Properti Anda

Foto dokumentasi yang menggambarkan aset yang akan dijual pada sebuah listing di portal properti online menjadi penting untuk dihadirkan untuk menarik minat calon pembeli.

Tips memotret interior untuk jual properti, fotografi interior, desain interior, tips fotografi interior
Dengan fotografi interior rumah yang baik, akan menarik calon konsumen untuk membeli properti yang ditawarkan. (Foto: John Stoffer / Architecturaldigest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Masifnya perkembangan era digital saat ini, membuat peran portal online menjadi wajib digunakan untuk mendukung bisnis jual-beli-sewa properti.

Dengan platform digital tersebut, para broker properti maupun pemilik bangunan dapat mengiklankan jualan mereka tanpa harus bersusah payah.

Mereka hanya perlu memasang detail informasi dan sejumlah foto bentuk bangunan dan ruangan dari hunian yang akan dijual pada listing di portal properti online.

Baca Juga: Tips Sukses Broker Properti Pemula di Era Digital Marketing

Oleh karena itu, foto dokumentasi mengenai aset yang akan dijual menjadi penting untuk dihadirkan untuk menarik pembeli.

“Foto interior berkualitas dari pekerjaan Anda (properti) adalah suatu keharusan,” tegas Summer Thornton, pemilik Summer Thornton Interiors yang berbasis di Chicago, seperti dilansir dari Architecturaldigest, Selasa (03/12/2019).

Berdasarkan wawancara laman desain tersebut dengan seorang fotografer arsitektur interior dunia, John Stoffer, berikut ini tips atau kiat memotret interior untuk membantu penjualan properti.

1. Memotret untuk sosial media
Ketika memotret rumah ataupun unit apartemen, dia menyarankan untuk membuat foto yang ramah sosial media, seperti Instagram ataupun Facebook. Gunakan gambar yang terang dan lapang. Kemudian, beri merek konten dengan gaya fotografi yang konsisten.

Baca Juga: Ini Cara Broker Properti Sukses Bangkitkan Kekuatan Pikiran dan Semangat

“Poskan sebanyak mungkin hal dalam orientasi potret, atau gunakan krop 4 x 5, sehingga membutuhkan lebih banyak ruang di ponsel orang,” ujar Stoffer.

2. Atur dengan benar
Bersihkan lensa Anda, matikan semua lampu di ruangan, biarkan cahaya alami sebanyak mungkin, dan nyalakan fitur garis grid ponsel Anda untuk mendapatkan bidikan dengan garis lurus.

3. Bidik dengan angle terbaik
Sudut pengambilan foto (angle) akan berdampak pada foto ruangan yang dihasilkan. Nah, untuk memdapatkan potret interior yang lebih megah, Stoffer memberi saran, Hokie People dapat memotret dari angle sedikit di atas pusar. Cara ini membuat ruang terasa lebih megah dan mengundang orang ke dalam ruangan.

4. Paparkan sorotan di kamar.
Apabila memotret menggunakan ponsel, sebelum mengambil gambar, ketuk titik paling terang di layar gadget Anda.

Baca Juga: Dua Fotografer Ini Rancang Kapal Rumah untuk Melintasi Eropa

Cara ini memperlihatkan apakah cahaya di dalam ruangan cukup atau tidak. Foto mentah Anda mungkin terlihat gelap. Meskipun demikian, Anda dapat mencerahkannya pada proses editing, tanpa membuat highlight menjadi rusak.

5. Jangan lupa diedit
Pengeditan akan berdampak besar pada tampilan foto. Menurut Stoffer, pemilik properti dapat mengedit dengan berbagai dengan aplikasi fotografi yang tersedia, seperti VSCO.

“Aku selalu menajamkan sedikit saja. Plus-dua pada skala penajaman menambah banyak gambar ponsel, dan mata manusia suka ketika segalanya tajam,” tandas John Stoffer.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda