Tips Memperbaiki Nat Keramik Lantai Rumah yang Rusak

Seiring dengan umur bangunan, nat keramik akan mengalami penurunan kualitas. Kerusakan nat keramik pada umumnya terjadi di area yang terlalu lembap atau kering.

Memperbaiki Nat Keramik, Nat Keramik, Keramik
(Foto: shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Celah keramik atau yang biasa dikenal dengan sebutan nat pada lantai dan dinding memiliki peranan yang tak kalah pentingnya. Namun, seiring umur bangunan bagian tersebut acap kali terabaikan oleh pemilik rumah.

Dengan menjaga nat berada pada kondisi prima, akan membuat keramik di bagian lantai dan dinding tetap terpasang secara baik. Selain itu pula akan menambah estetika dari bagian pelapis lantai dan dinding.

Seiring dengan umur bangunan, nat keramik akan mengalami penurunan kualitas. Kerusakan nat keramik pada umumnya terjadi di area yang terlalu lembap atau kering,
seperti kamar mandi ataupun teras rumah.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Material Keramik Cocok Digunakan di Kamar Mandi

Hal itu bisa disebabkan karena kualitas nat keramik yang buruk, penggunaan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia keras, hingga tingkat kelembapan yang terlalu tinggi atau rendah.

Lapisan celah keramik yang rusak dapat menyebabkan kebocoran pada plafon di lantai yang lebih rendah. Oleh karena itu, nat keramik yang rusak perlu segera diperbaiki sebelum kerusakannya meluas dan semakin parah.

Lantas bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada nat keramik? Simak tips berikut ini ya, Hokie People!

Baca Juga: Antisipasi Penyebab Kerusakan Lantai Keramik Ini Solusinya

Langkah pertama, bersihkan celah keramik secara menyeluruh menggunakan alat pertukangan seperti sendok semen.

Langkah kedua, buatlah adonan nat keramik baru dari campuran air, semen instan, dan pasir. Komposisi campuran dapat disesuaikan dengan produk yang digunakan.

Perhatikan kualitas pengisi celah keramik yang Anda gunakan. Kualitas pengisi celah tersebut tidak hanya diukur dari seberapa kuat untuk merekatkan keramik, namun juga dari kesesuaian fungsinya.

Baca Juga: Interior Hunian Bergaya Rustic dengan Keramik Motif Kayu Tua

Kemudian, tuangkan adonan nat keramik dengan karet busa secara teliti.  Lalu biarkan
selama kurang lebih 10 menit hingga adonan nat mengering. Setelah dirasa kering, bersihkan sisa pengisi celah keramik yang tercecer pada permukaan lantai.

Setelah selesai diperbaiki, penting untuk merawatnya setelah pemasangan nat keramik, agar dapat bertahan lama.

Anda dapat membersihkan nat keramik dengan bahan dapur seperti soda kue dan cuka. Aplikasikan cairan pembersih dengan sikat gigi atau karet busa.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda