Tips Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan dalam Satu Area

Ada kalanya, lahan yang terbatas menjadikan pemilik hunian harus menggabungkan dua ruangan berbeda fungsi di dalam satu area.

Tampilan interior dari showunit tipe 2Bedroom Condominium Tower Alexandria di kawasan Silk Town. (Foto: Adhitya - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi pemilik hunian dengan lahan yang tak terlalu luas, perlu melakukan ‘siasat’ dalam mengatur interior, agar dapat menghadirkan kebutuhan ruangan serta mendapatkan kenyaman yang maksimal saat berada di dalam rumah.

Ada kalanya, lahan yang terbatas menjadi kendala sang pemilik hunian dalam menghadirkan ruang keluarga dan ruang makan di area yang berbeda. Solusinya, mereka harus menggabungkan dua ruangan berbeda fungsi itu dalam satu area.

Ruang makan dan ruang keluarga dalam satu area tetap dapat mendatangkan
kenyamanan, asalkan pemilik rumah pandai mengaturnya secara baik.

Baca Juga: Multifungsi Ruang, Maksimalkan Gerak Aktivitas Penghuni

Ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika akan mengatur kehadiran ruang makan dan ruang keluarga di dalam satu area. Berikut ini tips dalam menggabungkan dua ruang tersebut.

Komposisi warna

Jika pemilik rumah ‘terpaksa’ harus menggabungkan dua fungsi ruangan, maka mereka harus memperhatikan komposisi warna. Menjaga tampilan ruangan tetap berkesinambungan bisa dilakukan dengan mengaplikasikan cat dalam satu warna.

Apabila, pemilik rumah memilih untuk mengaplikasikan cat dengan dua warna untuk masing-masing ruang, maka mereka dapat memilih material penutup lantai dengan tipe yang sama, agar tercipta kesinambungan nuansa interior.

Elemen dekoratif senada

Kesinambungan tampilan interior ruang makan dan ruang keluarga yang digabung juga bisa dihadirkan dengan menghadirkan elemen dekoratif yang senada, baik warna maupun dan gaya desainnya. Hindari menggunakan dua gaya desain yang berbeda, misalkan ruang makan berpenampilan modern, sementara ruang makan memakai konsep desain shabby chic.

Baca Juga: Dekorasi Ranting Kering, Ciptakan Ruang Jadi Lebih Natural

Pemisahan area

Kesinambungan antara kedua ruang tersebut tetap bisa dihadirkan meskipun dua area dibiarkan memiliki fungsinya masing-masing. Pemilik rumah dapat ‘memisahkan’ ruang makan dan ruang keluarga yang berada di satu area dengan memasang partisi, salah satunya yakni dengan menggunakan folding screen.

Jika tidak ingin memakai folding screen, pemilik rumah bisa meletakan sofa atau rak pajangan sebagai ‘jeda’ ruang, sehingga tampilan interior kedua ruangan tersebut masih nampak indah.

Konsep pencahayaan

Pemilik rumah tetap bisa memberikan nuansa yang berbeda pada ruang makan dan ruang keluarga yang berada dalam satu area, melalui pilihan konsep pencahayaan. Contohnya, memasang pendant lamp yang menggantung di ruang makan. Sedangkan pada ruang keluarga, diletkan standing lamp. Dengan cara tersebut, akan menciptakan ‘pembatas’ suasana antara kedua area.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda