Tips Menata Ruang Makan Mungil di Hunian Minimalis

Meski lahan rumah terbatas, bukan berarti menjadi penghalang untuk menghadirkan ruang makan yang nyaman dan penataan interior-nya disesuaikan dengan keinganan.

ruang makan, Apartemen Skandinavia, rumah dan gaya hidup, inspirasi ruang makan
(Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Diperlukan kecerdikan dalam menata berbagai ruangan pada hunian minimalis, agar dapat mengakomodasi kebutuhan aktivitas pemilik rumah secara maksimal. Kelihaian tersebut diperlukan pula disaat menata ruang makan mungil.

Meski lahan rumah terbatas, bukan berarti menjadi penghalang untuk menghadirkan ruang makan yang nyaman dan penataan interior-nya disesuaikan dengan keinganan.

Hokie People hanya perlu menyiasati keterbatasan lahan hunian tersebut dengan cara penataan ruang yang cerdas. Berikut ini tips mengoptimalkan dekorasi ruang makan di hunian minimalis.

Pilih furnitur multifungsi
Solusi pertama untuk menyiasati ruang makan mungil adalah dengan memilih dan menggunakan perabotan furnitur portable dan multifungsi.

Baca Juga: Begini Tips Memperbaharui Dekorasi Ruang Makan Agar Tak Membosankan

Contohnya saja, Hokie People dapat menggunakan meja lipat yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Anda juga dapat memilih kursi multifungsi yang dapat diubah menjadi tangga kecil untuk membantu mengambil perabotan makan di rak dinding. Dengan cara ini, Hokie People dapat menghemat penggunaan ruang.

Gunakan konsep ruang makan lesehan
Untuk membuat ruangan terkesan lebih luas dan tinggi, pertimbangkanlah menghadirkan ruang makan dengan konsep lesehan. Anda dapat menggunakan meja makan berkaki pendek dan karpet serta bantal cushion untuk mendapatkan kenyamanan saat menyantap makanan.

Aplikasikan pencahayaan yang tepat
Tata pencahayaan dapat mempengaruhi kesan ruangan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan ruangan yang terkesan luas, aplikasikanlah pencahayaaan yang merata pada area ruang makan minimalis.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan dalam Satu Area

Hokie People dapat memanfaatkan pencahaya alami matahari yang dikolaborasikan dengan penggunaan lampu. Tambahkan pula lampu hias untuk menghadirkan aksen pada ruang makan, agar nampak lebih cantik.

Singkirkan ornamen yang tidak diperlukan
Demi mengoptimalkan area pada ruang makan mungil, ada baiknya Hokie People tak menambahnya dengan ornamen dekorasi atau furnitur lainnya yang tidak diperlukan.

Baca Juga: 3 Hal yang Patut Diperhatikan Ketika Merancang Ruang Makan Terbuka

Jika penempatan ruang makan berada menyatu di area dapur, Anda bisa menyiasati dengan penggunaan lemari kabinet atau rak yang menempel di dinding. Dengan cara itu, ruangan akan nampak lebih lega.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda