Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui (Bagian 1)

Hal yang sering kali lepas dari perhatian adalah merancang dan merencanakan taman rumah menggunakan prinsip dan aturan feng shui.

Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui (Bagian 1)
Unsur air dan tanaman yang dipadu secara seimbang dan serasi (balance and harmony) akan memberikan lingkungan penuh energi yang dapat dibawa angin menuju pintu dan jendela rumah serta didispersikan ke dalam bangunan/interior rumah.

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Teori-teori feng shui bisa digunakan lebih luas, tak sekadar untuk menata ruangan dalam gedung atau membuat rencana lingkungan sekitar.

Barangkali yang acap kali lepas dari perhatian kita adalah merancang dan merencanakan taman rumah menggunakan feng shui.

Baca Juga: Awas, Energi Buruk Mengintai di Depan Rumah Anda!

Feng shui diartikan sebagai “angin” dan “air”. Angin membawa Chi (Qi) energi, dan Chi energi ini akan mandek atau turun pada saat menemukan air. Dengan demikian, prinsip pertama dalam membangun feng shui taman adalah perlu unsur air dan tanaman dalam taman tersebut.

Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui (Bagian 1)
Perlu diperhatikan jika lahan taman diisi dengan sebanyak-banyaknya tanaman. Mungkin saja tampak taman ini indah, namun taman seperti ini mempersulit pemilik untuk mendekat pada tanaman di dalamnya. Karena itu, diperlukan perencanaan yang baik agar masih ada ruang (space) yang dapat digunakan untuk berkeliling taman atau melakukan perawatan berkala.

Lantas, apa keuntungan membangun taman sesuai feng shui? Posisi taman di luar rumah membentengi rumah dari ruang yang berada di luar pagar rumah. Oleh karena itu, taman berfungsi sebagai filter rumah yang mengurangi dampak buruk dari luar.

Baca Juga: Tips Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Fungsi kedua taman adalah menciptakan lingkungan yang memiliki kualitas Chi yang lebih baik untuk dibawa masuk ke dalam rumah.

Prinsip kedua yang diuraikan di atas adalah Prinsip Seimbang dan Serasi. Apa maksudnya? Suatu taman yang baik melihat skala dan proporsi tanaman dan komponen-komponen lain, seperti besarnya halaman yang bisa dibangun menjadi taman, serta besarnya bangunan rumah yang menempel pada taman.

Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui (Bagian 1)
Salah satu faktor penting dalam merencanakan taman sesuai feng shui ialah taman harus bisa dinikmati, terutama oleh penghuni rumah. Taman yang memberi rasa senang dan bahagia pada penghuni rumah akan meningkatkan kualitas Chi yang mengalir.

Halaman yang sempit tidak cocok ditanami pohon yang besar. Demikian pula lahan taman yang luas kurang proporsional jika hanya ditanami rumput saja atau tanaman-tanaman perdu.

Besar tanaman memerlukan skala dan proporsi yang baik jika dibandingkan dengan besaran bangunan dan luas lahan.

Prinsip yang telah diuraikan ini bersifat umum dan merupakan langkah pertama yang penting. Selanjutnya kita akan menggunakan metode feng shui yang lebih rinci.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda

Dalam hal ini, pertama kita perlu membagi “ruang” taman menjadi sembilan sektor. Cara mudah adalah dengan membagi menjadi sembilan kotak, tetapi menggunakan pie chart akan lebih mudah, terutama untuk bentuk lahan taman yang tidak begitu beraturan.

Mengapa kita membagi lahan taman menjadi sembilan bagian? Karena dalam feng shui, ada delapan sektor yang menduduki arah kompas, ditambah sektor tengah menjadi sembilan sektor.

Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui (Bagian 1)
Tahap awal, lahan taman dibagi menjadi sembilan sektor, kemudian layout taman dibentuk mengikuti prinsip-prinsip feng shui yang telah dipaparkan sebelumnya.

Tiap sektor memiliki karakter elemen tersendiri: elemen Air di Utara; elemen Api di Selatan; elemen Kayu di Timur dan Tenggara; elemen Logam di Barat dan Barat Laut; dan elemen Tanah di Tengah, Timur Laut, dan Barat Daya.

Dalam menata layout taman, unsur-unsur yang ditata itu sebaiknya tidak bertentangan/konflik antara elemen taman dengan elemen feng shui kompasnya. (bersambung)

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda