Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui (Bagian 2)

Ada lima aturan yang harus Anda perhatikan, yakni unsur air, pagar, bentuk taman, ornamen, dan gundukan tanah. Bagaimana penjabarannya?

Unsur Air dalam taman harus bisa dinikmati oleh penghuninya.

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.comPada artikel sebelumnya telah diuraikan secara umum bagaimana taman berpengaruh pada feng shui rumah Anda. Kali ini kita akan membicarakan bagaimana aturan-aturan yang secara umum dapat diterapkan pada feng shui taman di rumah Anda.

Ada lima aturan yang harus Anda perhatikan, yakni unsur air, pagar, bentuk taman, ornamen, dan gundukan tanah.

Aturan Pertama: Unsur Air
Sebuah Taman yang baik feng shui-nya harus memiliki unsur Air. Air memiliki fungsi yang sangat penting dalam taman, karena energi Chi (Qi)  yang terbawa oleh Angin (Feng) akan berhenti pada Air (Shui).

Baca Juga: Tips Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Air di dalam taman memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk menarik dan mengendapkan Chi, memberikan vitalitas pada taman, dan mengundang kebijaksanaan (wisdom) dalam ruang (dalam feng shui, Air adalah simbol kebijaksanaan dan kecerdasan.

Ada berbagai wujud dan jenis Air dalam taman yang akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Pagar taman lebih mendefinisikan taman tersebut.
Pagar taman lebih mendefinisikan taman tersebut.

Aturan Kedua: Pagar Taman
Pagar taman berfungsi mengakumulasikan energi Chi yang dihasilkan dari konfigurasi taman. Oleh karena itu, pagar merupakan elemen penting. Taman yang tidak berpagar kurang mendefinisikan bentuk taman tersebut.

Tetapi bila rumah berada di dalam kawasan perumahan yang tidak berpagar, tentu saja akan menyulitkan jika pemilik ingin membangun taman di depan rumah. Untuk mensiasati hal ini, ada baiknya pagar dibuat dari tanaman.

Aturan Ketiga: Bentuk Taman
Bentuk taman terbaik adalah yang sederhana, yaitu berbentuk persegi empat sederhana. Meskipun demikian, desain dan tata-letak taman bisa saja berbentuk melingkar atau meliuk, sehingga taman bisa dinikmati dari sudut yang berbeda-beda.

Dengan demikian, pandangan taman bisa bersifat dinamis, tidak sama ketika pemilik taman mengikuti jalan-jalan kecil yang dirancang di dalam taman.

Bentuk segitiga kurang cocok untuk taman, karena bisa menimbulkan sudut-sudut runcing yang menciptakan Sha Chi (Chi buruk) pada ruang taman. Sudut runcing juga kurang baik untuk feng shui rumah yang berada di dalam taman ini.

Baca Juga: Awas, Energi Buruk Mengintai di Depan Rumah Anda!

Bentuk taman persegi panjang dengan layout yang disesuaikan dengan konsep taman.
Bentuk taman persegi panjang dengan layout yang disesuaikan dengan konsep taman.

Aturan Keempat: Ornamen Taman
Acapkali sebuah taman memerlukan hiasan (ornamen) selain tumbuhan. Ornamen taman sangat beragam dan besar-kecilnya tergantung rencana taman.

Di dalam feng shui, kita perlu mengamati ornamen yang berbentuk makhluk hewan. Misalnya saja kuda (horoskop) berunsur Api yang tidak cocok diletakkan dekat dengan unsur Air. Demikian pula posisinya: posisi terbaik Kuda adalah di Selatan, tetapi harus menghindari sektor Utara yang merupakan domain Tikus (karena akan terjadi konflik).

Ornamen bertujuan untuk menambah keindahan taman juga bisa membangkitkan memori bagi pemilik dan memberi makna tersendiri.

Yang penting, prinsipnya adalah tidak memilih ornamen taman yang bersifat “menakutkan” atau memberi “ancaman”, sehingga Energi Chi di tempat itu buyar atau rusak. Masalah Ornamen taman ini akan kita bahas secara tersendiri di artikel berikutnya.

Gundukan tanah diartikan sebagai gunung dan bukit dalam feng shui.
Gundukan tanah diartikan sebagai gunung dan bukit dalam feng shui.

Aturan Kelima: Gundukan Tanah
Membuat Gundukan tanah atau meletakkan bebatuan di dalam taman adalah hal yang biasa dilakukan para landscaper. Gundukan ini memiliki fungsi dan peran yang penting dalam taman, selain membentuk ruang dan membedakan antara ruang satu dengan lainnya di dalam taman. Gundukan tanah ini juga berguna sebagai upaya meningkatkan Chi di dalam taman.

Gundukan tanah diartikan sebagai gunung dan bukit dalam feng shui. Oleh karena itu, posisinya tidak boleh sembarangan. Posisi bukit-bukitan ini sebaiknya berada di sektor: Timur Laut, Barat Daya, Selatan, Barat Daya, Barat, Dan Barat Laut.
(Bersambung)

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda