Tips Mencegah Karat dan Keropos Pada Pagar Besi di Rumah

Seiring umur penggunaan serta paparan sinar matahari dan hujan, akan membuat pagar besi di rumah menjadi berkarat. Oleh karena itu, diperlukanlah tindakan pencegahan dan perawatan secara berkala.

Pagar Rumah Minimalis-RumahHokie.com
(Foto : dekorrumah)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pagar rumah menjadi elemen yang penting dari sebuah hunian. Tak hanya berfungsi sebagai alat pengamanan saja, namun pagar juga berfungsi sebagai penambah nilai estetika pada fasad bangunan.

Berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membuat pagar rumah. Salah satunya yakni pagar yang terbuat dari bahan besi. Namun, seiring umur penggunaan serta paparan sinar matahari dan hujan akan membuat pagar besi menjadi berkarat.

Maka diperlukanlah tindakan pencegahan dengan cara merawat pagar rumah agar tidak timbul kerusakan, seperti berkarat dan keropos. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah pagar besi menjadi berkarat.

Baca Juga : Selain Pembatas Hunian, Pagar Juga Difungsikan Sebagai Identitas

Laburi pagar dengan cat besi anti karat
Salah satu cara untuk melindungi pagar besi agar tak mudah berkarat adalah dengan melapisi pagar menggunakan cat besi yang memiliki kemampuan anti karat. Laburi lah pagar besi rumah Anda dengan cat besi anti karat pada seluruh bagian yang terbuat dari metal.

Jika terlanjur berkarat, bersihkan pagar terlebih dahulu
Penanganan yang diperlukan untuk menangani pagar yang tidak berkarat dengan pagar yang telah berkarat tentu berbeda. Jika pagar besi terlanjur berkarat dan kita hanya mengoleskan cat anti karat pada bagian luarnya begitu saja, tentu hasilnya jadi tak optimal.

Oleh karenanya, sebelum melapisi pagar dengan cat besi anti karat, bersihkan terlebih dahulu
bagian pagar yang berkarat. Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkan pagar, sebelum kemudian mengampelasnya hingga benar-benar bersih. Agar lebih maksimal, Anda bisa gunakan kain lap yang kering untuk membersihkan ulang seluruh permukaan pagar.

Baca Juga : Ini Dia Tips Dalam Memilih Warna Cat pada Fasad Rumah

Lapisi pagar besi secara berulang kali
Jika seluruh permukaan pagar sudah bersih, mulailah melapisi permukaan pagar besi dengan cat besi anti karat yang sudah disiapkan. Agar hasilnya lebih optimal, disarankan untuk melapisinya secara berulang kali, namun dengan catatan setelah lapisan yang sebelumnya kering terlebih dahulu. Dengan demikian, pagar besi pun jadi lebih terlindung dan tak mudah berkarat.

Sebelum pagar rumah berkarat dan menjadi keropos, yuk merawat pagar besi di rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda