Tips Mendesain Apartemen Tipe Studio dari Pakarnya

Apartemen tipe studio menawarkan kepraktisan hidup, namun dengan luasan yang terbatas, bagaimana mendesain apartemen jadi nyaman untuk dihuni?

Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

RumahHokie.com  (Jakarta) – Tinggal di hunian vertikal seperti apartemen menjadi pilihan sebagian orang yang beraktivitas di kota-kota besar.

Sayangnya, lantaran harga yang mahal, tak banyak orang mampu membeli apartemen berukuran besar. Apartemen tipe studio pun menjadi pilihan.

Apartemen tipe studio umumnya berukuran cukup mungil, dengan luas 18 m2 – 23 m2. Di mancanegara, unit tipe studio biasa disebut flat, flat studio, atau bachelor’s flat.

Unit hunian ini menyatukan fungsi ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, dan pantry dalam satu ruang—hanya kamar mandi yang diletakkan terpisah.

Selain cocok untuk yang berkantong pas-pasan, unit studio juga alternatif yang pas untuk mereka yang kesulitan atau malas merawat hunian.

Ary Juwono, desainer interior dan pendiri A2J Design menuturkan, apartemen tipe studio belakangan banyak diminati dibanding rumah indekos atau kontrakan. Pasalnya, apartemen dinilai lebih aman dan sangat menjaga privasi.

Apartemen Mungil Jadi Nyaman
Di satu sisi, apartemen tipe studio menawarkan kepraktisan hidup, namun dengan luasan yang terbatas, bagaimana menata dan mendesain apartemen tipe studio menjadi nyaman dihuni?

Ary memaparkan, apartemen tipe studio biasanya berukuran 21 m2 dimana kamar tidur dan ruang fasilitas dijadikan satu.

Untuk yang masih single bisa lebih nyaman, namun untuk yang memiliki anak perlu menggunakan tempat tidur tingkat, sehingga orang tua dan anak sama-sama memiliki ruang private.

“Dengan ruangan yang terbatas, sebaiknya jangan banyak memasang banyak perabotan atau pajangan di dalam unit. Untuk itu, penghuni juga harus menahan diri untuk berbelanja dekorasi ruangan,” kata Ary saat ditemui RumahHokie.com di Prajawangsa City beberapa waktu lalu.

Menyoal warna, imbuh Ary, banyak orang menganggap warna-warna terang akan membuat ruangan terasa lebih luas. Namun, memilih warna-warna seperti hijau atau biru terang bisa mengundang stres.

“Warna paling baik di apartemen tipe studio adalah putih, krem, atau abu-abu,” ungkap Ary.

Cara yang paling banyak dipakai untuk membuat efek luas bagi ruangan kecil adalah dengan memasang cermin berukuran besar. Kendati demikian, beberapa kalangan—terutama etnis Jawa—tak menggunakan cara ini, karena dianggap “pamali”.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda