Tips Menerapkan Gaya Desain Eklektik yang Menarik

Gaya desain eklektik memiliki metode menggabungkan berbagai ide dan teori yang ditujukan untuk menghasilkan interior terbaik dengan kombinasi yang ada.

(Foto: madisonhouseltd)

Rumahhokie.com (Jakarta) –  Penerapan tampilan desain interior dan arsitektur dalam sebuah bangunan, tidak terbatas hanya pada gaya modern, minimalis maupun klasik saja. Kolaborasi unik dari nuansa eklektik juga bisa mendatangkan rancangan ruangan yang berkesan.

Konsep rancangan interior bergaya eklektik merupakan sebuah genre desain yang memiliki metode menggabungkan berbagai aspek, ide, serta teori yang ditujukan untuk membuat rancangan bangunan terbaik dengan kombinasi yang ada

Baca Juga: Mengenal Gaya Mid-Century Modern dan Tips Penerapannya di Hunian

Secara visual, rancangan eklektik lebih berkaca pada gaya masa lampau ketimbang pada masa depan. Tak heran, di dalamnya terdapat berbagai unsur desain seperti gothic, rococo, dan victorian.

Dikutip dari Arsitag, pilihan desain eklektik muncul pada akhir abad ke-19 karena para arsitek pada saat itu ingin mencari gaya baru yang belum pernah orang lihat sebelumnya.

Dengan dasar gaya-gaya desain masa lalu, mereka kemudian mencampur dan memadukan berbagai macam gaya yang akhirnya memberikan banyak inspirasi dengan kebebasan berekspresi.

Jika anda ingin menerapkan nuansa eklektik pada tampilan interior, simak beberapa tips berikut ini.

Tentukan focal point

Gaya eklektik menitikberatkan pada kolaborasi berbagai nuansa desain dan periode melalui
berbagai macam jenis barang. Agar tak terkesan serampangan, tentukan focal point pada ruangan.

Anda bisa menonjolkan sesuatu yang eye catching melalui penggunaan furnitur dengan warna cerah ataupun penggunaan artwork berupa lukisan atau foto yang menarik untuk ditaruh pada sisi dinding sebagai aksen dari ruangan.

Furnitur yang fungsional

Kenyamanan dan aspek fungsionalitas dari furnitur yang dipakai merupakan kriteria utama dari gaya elektik. Tak hanya mementingkan keindahan, rancangan ini juga mengharuskan perabotan dalam ruangan harus fungsional dan praktis. Itu sebabnya, dalam desain eklektik kita sering menemukan sofa antik dan modern dapat saling melengkapi.

Selain fungsional, gaya eklektik juga menyukai furnitur vintage dengan ornamen bunga, dan kain bordir. Bahan-bahan yang digunakan antara lain satin, kulit, beludru, dan corduroy.

Baca Juga: Hanya dengan 4 Langkah, Anda Bisa Menata Interior Selayaknya Desainer

Penggunaan pola geometris

Pola geometris pada furnitur dan wallpaper adalah karakteristik lain dari rancangan ini. Pola-pola, seperti motif chevron, garis horizontal, dan lingkaran, menjadi hal yang umum digunakan dalam ruang dengan interior bergaya eklektik.

Letakan berbagai aksesoris

Ada banyak aksesoris yang dapat digunakan pada gaya elektik, seperti lukisan, bingkai foto dan ornamen dekoratif lainnya. Dalam dekorasi gaya eklektik, setiap aksesoris yang digunakan harus memberikan kesan bahwa pemilik rumah telah mengumpulkan semuanya selama bertahun-tahun. Anda bisa gunakan aksesoris yang terkait dengan impian di masa depan ataupun kenangan indah di masa lalu.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda