Tips Mengaplikasikan Panel Surya untuk Rumah Anda Secara Tepat

Pemasangan panel surya di rumah dapat menjadi alternatif solusi dalam mendapatkan aliran listrik secara mudah dan ramah lingkungan.

tips mengaplikasikan panel surya, surya panel, instalasi solar system, instalasi listrik
Ilustrasi pemasangan panel surya di atap rumah. (Foto: Solarcell Surya)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pemadaman listrik PLN di hampir wilayah Jabodetabek yang terjadi awal Agustus lalu, berdampak luar biasa terhadap aktivitas sehari-hari. Banyak kegiatan masyarakat menjadi terhambat dengan kejadian tersebut.

Belajar dari kejadian mati lampu tersebut, diperlukan solusi alternatif terkait aliran listrik untuk keperluan penerangan rumah tangga maupun kebutuhan lainnya.

Nah, salah satu solusinya adalah pemilik rumah bisa memanfaatkan penggunaan teknologi panel surya (solar panel system) yang saat ini aplikasinya semakin menjadi tren.

Baca Juga: Perusahaan Ini Rancang Panel Surya Jendela untuk Penghuni Apartemen

Meskipun pemasangan perangkat panel surya serta instalasinya terbilang cukup menguras kantong, akan tetapi manfaat jangka panjang yang diberikan dalam menyuplai energi di rumah sangatlah besar.

Lalu, bagaimana tips memilih panel surya yang benar? Dan, apa saja hal yang perlu diperhatikan jika Hokie People mau memasangnya di rumah? Simak penjelasannya berikut ini yang kami lansir dari laman Rooang.

Didahului dengan mempelajari cara kerja panel surya
Meski sudah dikenal luas di Tanah Air, namun banyak masyarakat yang masih awam dengan aplikasi teknologi listrik ramah lingkungan ini.

Baca Juga: Kehabisan Lilin Saat Listrik Padam? Ini Dia Tips Membuat Lampu Darurat di Rumah

Cara kerja panel surya bekerja yakni menampung sinar matahari yang diterima melalui lempengan semi konduktor pada permukaan perangkat.

Melalui pancaran sinar matahari tersebut memungkinkan elektron-elektron yang ada di dalam panel bergerak, dan gerakan yang ditimbulkan elektron tersebut akan menghasilkan energi listrik.

Pastikan struktur rumah mendukung pemasangan
Pada umumnya, perangkat yang dikenal pula dengan nama solar power system ini akan dipasang di atas atap rumah. Oleh karenanya, pastikan kekuatan struktur atap kuat untuk menopang panel surya.

Baca Juga: Signify Rilis Perangkat Pencahayaan Berbasis Tenaga Surya

Perhatikan pula perangkat pendukung seperti inverter, untuk mengalirkan aliran listrik AC ke perangkat elektronik di rumah.

Serahkan kepada ahli untuk pemasangannya
Memasang panel surya di rumah, diperlukan keahlian khusus pada bidang kelistrikan.
Maka dari itu ada baiknya Anda menyewa kontraktor atau jasa tukang listrik untuk melakukan pemasangan secara efektif dan murah.

Pasang panel surya ketika musim kemarau
Untuk pemasangan yang maksimal, cobalah untuk memasang panel surya ketika musim kemarau. Dengan intensitas pancaran matahari yang tinggi, Anda dapat melihat apakah instalasi sudah berjalan baik atau belum.

Selain itu, dengan pancaran sinar matahari yang tinggi, membuat panel menyerap energi dengan maksimal dan energi listrik yang disimpan pun akan jauh lebih banyak.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda