Tips Mengatasi Genangan Air di Rumah Ketika Musim Hujan Tiba

Genangan air yang melingkupi area rumah tak hanya menimbulkan masalah serius pada kondisi bangunan. Akan tetapi juga berpotensi menganggu pertumbuhan tanaman yang ada di halaman.

Tips Mengatasi Genangan Air di Rumah Ketika Musim Hujan Tiba
(Foto: architectaria)

RumahHokie.com (Jakarta) – Disaat hujan lebat seharian melanda, bukan tak mungkin akan timbul genangan air yang melingkupi halaman rumah kita. Genangan air tersebut dapat terjadi karena sistem drainase hunian tidak berfungsi optimal.

Genangan air yang timbul di sekitar area halaman rumah juga dapat disebabkan oleh komposisi tanah dan kepadatannya yang kurang baik.

Jika dibiarkan terus-menerus, genangan air itu tak hanya menimbulkan masalah serius pada kondisi bangunan rumah. Akan tetapi juga berpotensi menganggu pertumbuhan tanaman yang ada di halaman.

Baca Juga: Cegah Genangan Air di Lingkungan Rumah dengan Lubang Biopori

Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki sistem drainase
di rumah Hokie People, agar genangan air tak lagi timbul.

Perbaiki komposisi tanah
Jika komposisi tanah di tempat Anda tinggal sudah berkurang, maka sebaiknya perbaiki terlebih dahulu, sehingga dapat menyerap air secara optimal.

Komposisi utama tanah pada dasarnya terdiri dari tanah liat dan pasir. Apabila komposisi tanah liat terlalu besar, kecil kemungkinan bagi air untuk terserap lebih cepat dikarenakan tanah menjadi sedikit keras. Oleh karena itu, olah kembali tanah tersebut dan gali lubang sedalam 8 inchi. Tambahkan material kompos setebal 3 hingga 4 inchi pada tanah tersebut.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, Yuk Panen Air Hujan di Rumah!

Perbaiki kepadatan tanah
Selain komposisi tanah, kepadatannya pun menjadi poin penting yang perlu diberikan perhatian khusus, mengingat hal ini juga mempengaruhi kecepatan tanah dalam menyerap air.

Sebagai solusi jika tanah di sekitar halaman rumah terlalu padat, Anda dapat menguraikannya dengan menambahkan beberapa macam material, seperti potongan-potongan kayu, abu, dan pasir. Dengan begitu, tanah dapat mudah menyerap air.

Cegah dengan lubang biopori
Sebagai salah satu solusi dalam mengurangi genangan air di lingkungan rumah, Anda dapat membuat mekanisme penyerapan air dengan metode lubang biopori. Prinsip kerja dari lubang biopori adalah meningkatkan daya serap tanah terhadap air yang ada di permukaan dengan cara membuat lubang pada tanah.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Selamatkan Empat Bagian Rumah Ini

Aplikasikan sistem french drain
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi genangan air adalah dengan mengaplikasikan sistem drainase french drain di area yang sering terdapat genangan air.

Sistem drainase ini banyak dipakai sebagai sistem drainase di gedung-gedung maupun perumahan. Namun, yang perlu Anda perhatikan ialah harus memasang sistem drainase ini
dengan benar dan jangan sampai luberan air justru mengenai halaman tetangga di samping rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda