Tips Mengatur Furnitur di Ruang Tamu untuk Berikan Dekorasi Terbaik

Selain berfungsi untuk menghadirkan kenyamanan saat berkumpul, peletakkan furnitur pada ruang tamu juga tentunya ditujukan untuk membangun keindahan pada dekorasi hunian.

inspirasi menata furnitur di ruang tamu, dekorasi furnitur ruang tamu, dekorasi ruang tamu
Dengan pengaturan furnitur yang tepat, akan membuat dekorasi ruang tamu menjadi indah. (Foto: Orgulloso.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pernahkah Hokie People merasa ruang tamu di rumah terasa sesak padahal relatif tidak menggunakan furnitur berukuran besar? Nah, mungkin bisa jadi hal itu terjadi karena penataan furnitur di ruang tamu yang kurang tepat.

Selain berfungsi untuk menghadirkan kenyamanan saat berkumpul, peletakkan furnitur pada ruang tamu juga tentunya ditujukan untuk membangun keindahan pada dekorasi hunian.

Dikutip dari Marthastewart.com, Ashley Bowen, kepala stylist untuk Zulily, menerangkan bahwa dengan melakukan penataan furnitur pada sebuah ruangan secara tepat, maka akan memberikan ruang gerak dan visual yang bebas untuk para penghuninya.

Baca Juga: Cara Atasi Furnitur Kayu yang Terendam Banjir Agar Tak Rusak

“Menata bukan hanya tentang memberi Anda dan tamu Anda ruang bernapas. Penataan furnitur yang baik juga akan memiliki elemen visual yang mengikat semuanya, termasuk warna dan dan tekstur bahan yang serasi,” jelas Bowen.

Apabila Hokie People ingin membuat penataan ruang tamu yang lebih baik secara fisik maupun visual, cobalah untuk lakukan tips berikut ini.

Jangan gunakan furnitur terlalu banyak dalam satu ruangan
Meletakkan terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan dapat menyebabkan ruang tamu terasa terlaluk sesak.

Baca Juga: Potensi Industri Furnitur Indonesia Masih Bisa Bertumbuh di Pasar Global

Masih melansir dari marthastewart.com, menurut Emily Henderson, desainer interior, langkah pertama agar dekorasi ruang tamu memiliki flow yang baik adalah dengan memastikan setiap perabot yang ditempatkan di area tersebut memiliki cukup ruang gerak bagi para penghuni.

“Furnitur tidak boleh menghalangi jalur lalu-lalang penghuni. Aliran terbaik dari dan ke luar ruangan adalah sesingkat dan selurus mungkin,” katanya.

Rancang tata letak yang cerdas.
Mungkin untuk sebagian pemilik properti mudah untuk memilih dan mencocokan furnitur dengan elemen interior lainnya. Akan tetapi tidak sedikit pula yang merasa bingung ketika menatanya.

Baca Juga: Tips Membeli Furnitur Bekas yang Perlu Anda Ketahui

Untuk membuat tata letak ruang tamu Anda lebih baik, Ashley Bowen menyarankan terlebih dahulu memikirkan bagaimana akan menggunakan ruang tersebut. Kemudian, baru mengarahkan furnitur yang ingin dipakai.

Pikirkan gaya dan tekstur
Salah satu cara mudah untuk menciptakan aliran visual menggunakan furnitur adalah dengan memvariasikan bobot dan gaya desain yang diaplikasikan pada ruang tamu.

Contohnya, jika Anda memiliki sofa berukuran besar, maka seimbangkanlah dengan meja kopi (coffee table) dengan dimensi yang lebih kecil dan warna lembut.

Jangan lupakan fungsionalitas
Agar mendapatkan dekorasi ruang tamu terbaik, Bowen berujar hendaknya pemilik rumah berfokus untuk memaksimalkan kenyamanan dan fungsionalitas dari penggunaan perabot furnitur di area tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda