Tips Mengatur Interior Hunian Agar Leluasa Ala IKEA Indonesia

Minimnya kesadaran tentang pentingnya pengaturan perabot furnitur rumah tangga, mengakibatkan orang cenderung menumpuk barang, sehingga membuat huniannya semakin sesak.

tips mengatur ruang ala IKEA, IKEA Indonesia, Ririn Basuki
Penataan ruang hunian yang baik akan membuat ruangan menjadi nyaman. (Foto: dok. IKEA Indonesia)

RumahHokie.com (Jakarta) – Terbatasnya lahan hunian di perkotaan, berdampak pada pencarian solusi penataan ruang di rumah minimalis semakin banyak dicari.

Pemilik properti kini dituntut untuk menerapkan cara cerdas menata ruangan di lahan hunian terbatas.

Minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pengaturan perabot furnitur rumah tangga, mengakibatkan orang cenderung menumpuk barang selama bertahun–tahun, sehingga membuat huniannya semakin sesak.

Baca Juga: IKEA Sentul City Resmi Dibuka, Jangkau Potensi Bogor dan Sekitarnya

Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia mengatakan, pada dasarnya setiap orang mendambakan rumah yang nyaman, tertata rapi serta terasa leluasa, namun tidak mengetahui bagaimana cara mengaturnya.

“Untuk mendapatkan ruangan yang rapi dan terasa lebih leluasa, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan perabot rumah tangga multifungsi, yang praktis dan fungsional,” tutur Ririn, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (29/01/2020).

Lebih lanjut dia menuturkan, terdapat beberapa tips mudah untuk menata ruangan agar lebih tertata dan leluasa ala IKEA Indonesia. Simak penjelasannya berikut ini.

Pilih dan pilah barang-barang
Langkah pertama untuk menata rumah agar tampil bersih dan leluasa adalah dengan memilah-memilih barang-barang yang akan diletakkan di dalam ruangan.

Baca Juga: IKEA Rilis Rangkaian Produk untuk Rumah Minimalis

Kategorikanlah barang sesuai tingkat kepentingan, seberapa sering dipakai, dan berdasarkan ukuran.

Setelah itu, kelompokkan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi. Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, dibagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai.

Gunakan tempat penyimpanan tertutup
Adapun untuk barang-barang yang jarang digunakan dan tidak ingin terlihat, dapat Anda simpan di dalam kotak penyimpanan dengan penutup yang mudah dijangkau bila suatu saat diperlukan.

Baca Juga: Begini Inspirasi Menata Kamar Tidur Sempit Versi IKEA Indonesia

Manfaatkan area dinding
Dinding merupakan ruang yang seringkali tidak terpikirkan untuk digunakan sebagai solusi area penyimpanan. Maka, pasanglah rak-rak pada dinding sebagai salah satu cara untuk mengatur ruangan hunian di lahan sempit

Hadirnya rak dinding juga sekaligus dapat menjadi dekorasi rumah yang cukup bergaya, tanpa harus menghabiskan ruangan yang terbatas.

Mulai dari hal kecil
Mulailah dari hal kecil, dan lakukan sedikit demi sedikit, secara bertahap dimulai dari satu ruangan ke ruangan berikutnya. Jadikan kebiasaan untuk mengembalikan barang-barang pada tempatnya sehingga rumah akan tampak lebih tertata dan terasa lebih leluasa.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda