Tips Menghemat Penggunaan Air di Rumah Ketika Musim Kemarau

Untuk mengantisipasi dampak dari menyusutnya pasok air bersih, pemilik rumah harus cermat dan hemat dalam penggunaan air dalam kebutuhan rumah tangga.

Tips menghemat air, musim kemarau
Ilustrasi (Foto: Upstation Asia)

RumahHokie.com (Jakarta) – Musim kemarau sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Akibatnya, banyak masyarakat di daerah mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilansir CNN Indonesia, memperkirakan bahwa musim kemarau tahun ini akan lebih kering, dan terasa terik dari pada tahun sebelumnya. Salah satu faktor penyebab dari kondisi itu adalah akibat fenomena El Nino.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dampak dari menyusutnya pasok air bersih, pemilik rumah harus cermat dan hemat dalam penggunaannya dalam kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga: Seukuran Microwave Kecil, Mesin Pencuci Piring Ini Bisa Menghemat Air

Berikut ini tips dan trik dalam menghemat penggunaan air yang bisa Hokie People aplikasikan di rumah dengan mudahnya.

Matikan keran air
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan air saat musim kemarau adalah dengan mulai mematikan air saat menggosok gigi.

Mungkin menghentikan kebiasaan itu nampak sepele. Namun, dengan mematikan keran air ketika menggosok gigi, bisa menghemat hingga 25 galon air per bulan, lho.

Baca Juga: 8 Tips Agar AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

Gunakanlah air bilasan kembali
Cara kedua, Anda bisa menampung air sisa mencuci sayuran atau buah di panci dan menggunakan kembali untuk menyiram tanaman ataupun membilas lantai kamar mandi saat sedang dibersihkan.

Pakailah shower beraliran rendah
Menghemat penggunaan air di rumah juga bisa dilakukan dengan memilih shower atau pancuran yang beraliran rendah.

Banyak pemilik rumah beranggapan bahwa pancuran dengan aliran rendah disebabkan tekanan air yang tidak bagus.

Baca Juga: Tips Merancang Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Namun sebenarnya, shower hemat air jenis itu memanfaatkan udara untuk memberikan pengalaman mandi yang mirip dengan pancuran biasa. Dengan begitu, penggunanya dapat menghemat air disaat musim kemarau.

Mencuci kendaraan bermotor dengan efisien
Pemakaian air pada skala rumah tangga umumnya juga digunakan untuk mencuci mobil atau motor yang dimiliki oleh penghuni rumah.

Nah, untuk menghemat air ketika mencuci kendaraan, gunakanlah mesin dan selang bertekanan (pressure washer).

Dengan begitu debit air yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit, namun tetap efisien dalam membersihkan kotoran yang menempel.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda